6 Cara Alami Untuk Meluruskan Rambut


Sabtu, 20 Desember 2014
Label:

[Sains Box] Hindari menggunakan panas atau bahan kimia pelurus yang akan merusak rambut Anda dari waktu ke waktu. Sebaliknya, ada cara alternatif sehat untuk membuat rambut Anda lebih mudah ditata ke gaya yang Anda inginkan.

Rambut lurus bergaya, cantik, dan nyaman, terutama untuk musim dingin banyak sekali yang mengidam-idamkannya. Namun masalahnya, bagaimanapun, hal itu memerlukan banyak peralatan yang digunakan, seperti misalnya alat pelurus panas dan bahan kimia. Alat ini memang seringkali digunakan untuk meluruskan rambut. Tapi apakah cara ini satu-satunya cara yang baik yang bisa Anda lakukan? Karena ternyata, cara ini benar-benar buruk bagi rambut Anda. Sebab, seiring waktu, rambut justru akan mengering, kemudian bercabang dan berakhir dengan rambut lurus yang hampir tidak semenarik dulu.

Baca juga>> Alpukat untuk Kesehatan Kulit dan Rambut

6 Cara Alami Untuk Meluruskan Rambut

Untungnya ada beberapa metode lain yang dapat digunakan untuk merubah rambut keriting atau rambut bergelombang agar nampak lurus alami, tanpa menggunakan panas ataupun bahan kimia. Anda tidak akan mendapatkan rambut yang benar-benar lurus hanya dari besi yang dipanaskan, tetapi Anda akan memiliki rambut yang lebih sehat dan nampak lurus tentunya. Cara apa yang digunakan?

Berikut cara alami untuk meluruskan rambut:

1. Sikat rambut basah sampai kering

Setelah mencuci rambut Anda, biarkan udara kering sepenuhnya, tapi terus sikat rambut Anda setiap lima menit. Tarik keluar terus setiap bagian rambut selama beberapa detik untuk mendorong dan meluruskannya. Lakukan hal ini secara konstan.

2. Bungkus rambut basah erat

Bila rambut Anda basah, sisir dan membaginya dibagian tengah. Sisir bagian kiri sepanjang rambut ke kanan dan membungkus bagian belakang kepala Anda, lalu aman dengan penjepit. Membalik bagian kanan atas sisi kiri, bungkus, dan jepit dengan cara yang sama. Biarkan udara benar-benar kering. Anda dapat membungkus rambut Anda dalam syal sutra dan tidur di atasnya untuk mengurangi rambut kusut.

3. Gulung rambut Anda

Gunakan rol rambut besar, yaitu ukuran kaleng soda, untuk menggulung bagian rambut basah dan mengamankannya ke kepala Anda. Biarkan kering sepenuhnya. Hal ini penting, karena sedikit saja air dapat membuat keriting atau gelombang datang kembali.

4. Gunakan ikat rambut semalaman

Bagilah rambut basah ke dalam satu atau dua ekor kuda pendek. Kencangkan dengan ikat rambut lembut yang elastis, kemudian tambahkan ikatan tambahan setiap inci atau lebih di ekor kuda, untuk tetap mengikatnya bersama-sama. Pastikan ikatan cukup longgar sehingga tidak akan meninggalkan bekas yang nyata pada rambut Anda. Pergilah tidur dan biarkan dibuka di pagi hari.

5. Putar rambut menjadi sanggul

Jika Anda memiliki rambut yang mudah diatur, Anda bisa dengan mudah meluruskannya, menggunakan metode ini kemungkinan akan bekerja untuk Anda, meskipun tidak efektif pada rambut yang bergelombang. Membuat ekor kuda rambut basah dan memutar seperti tali. Membungkusnya hingga menjadi sanggul, lalu amankan dengan penjepit. Biarkan udara kering, kemudian buka dan sisir keluar.

6. Membuat masker alami untuk meluruskan rambut

Anda bisa membuat masker dari susu dan madu. Campurkan 1 cangkir susu atau santan dengan 1 sdm madu dan biarkan meresap ke dalam rambut dan kulit kepala selama satu jam sebelum mencucinya.

Anda juga dapat mencampur 2 cangkir susu dengan 1 telur. Rendam rambut Anda di dalamnya selama 10 menit, kemudian peras, jangan dibilas, dan bungkus dengan penutup plastik selama 30 menit. Cuci dan sikat kering.

Atau Anda bisa menggunakan resep lainnya berikut ini: 1 gelas air kelapa, 5-6 sdm air jeruk nipis, 2 sdm minyak zaitun, 3 sdm tepung jagung. Panaskan pada suhu rendah dan aduk sampai rata. Lalu usapkanlah ke rambut.

Untuk semua metode ini, tambahkan beberapa tetes almond manis atau minyak kelapa untuk memudahkan bagi rambut yang keriting.

Itulah 6 cara alami untuk meluruskan rambut, yang dijamin bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya. Cobalah sendiri dirumah, dan rasakan hasilnya.





sign


Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar: