Sepuluh Gejala Kanker Ovarium yang Perlu Diketahui


Senin, 21 September 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Bagaimana Anda tahu jika Anda memiliki kanker ovarium? September adalah Bulan kesadaran terhadap Kanker ovarium. Untuk itu Anda wajib mengetahui apa saja informasi tentang kanker yang berbahaya ini.

Kanker ovarium merupakan salah satu kanker yang paling mematikan bagi wanita. Setiap tahun, sekitar 22.000 perempuan di Amerika Serikat didiagnosis dengan penyakit ini, dan sebanyak 14.000 meninggal dunia. Di seluruh dunia sebanyak 238.000 kasus baru kanker ovarium didiagnosis setiap tahun telah membunuh 152.000 wanita.

Sepuluh Gejala Kanker Ovarium yang Perlu Diketahui

Baca Juga:


Siapa yang rentan terhadap penyakit ini?

Kanker ovarium paling umum menyerang perempuan di usia lima puluhan dan enam puluhan, dengan usia rata-rata menjadi 63 tahun.

Selain itu, wanita yang memiliki riwayat keluarga yang kuat dari kanker ovarium itu sendiri, atau yang membawa gen mutasi BRCA, mungkin juga menjadi korbannya. Satu dari tujuh kanker ovarium disebabkan oleh mutasi BRCA. Wanita yang telah menderita kanker payudara juga memiliki peningkatan risiko terhadap kanker ovarium. Sebuah riwayat keluarga dengan kanker payudara, usus dan rahim juga menciptakan peningkatan risiko terkena kanker ovarium.

Selain itu, penelitian menunjukkan adanya hubungan antara jumlah siklus menstruasi dalam hidup seorang wanita dan risiko nya mengembangkan kanker ovarium. Berikut beberapa hal yang harus diperhatikan oleh kaum wanita terkait kanker ovarium:
  • Belum melahirkan anak
  • Mulai menstruasi sebelum usia 12 tahun
  • Mulai menopause setelah usia 50 tahun
  • Memiliki anak pertama setelah 30 tahun
  • Pernah mengambil kontrasepsi oral
  • Terapi penggantian hormon yang digunakan untuk mengobati gejala menopause
Infertilitas, terlepas dari apakah seorang wanita menggunakan obat kesuburan atau tidak, dapat meningkatkan risiko kanker ovarium. Studi juga menemukan hubungan antara obesitas dan kanker ovarium. Jadi bagi yang terkena obesitas juga perlu waspada.

Apa Gejala dan Tanda-tanda Anda terkena Kanker ovarium?

Gejalanya mungkin tampak sangat biasa. Namun, jika hal itu muncul lebih sering dari biasanya, itu menunjukkan sesuatu yang sangat serius sedang terjadi pada diri Anda. Nah, berikut ini 10 gejala yang paling umum dan perlu Anda ketahui:
  1. Nyeri panggul atau perut atau perdarahan
  2. Kembung
  3. Urgensi kemih atau frekuensi berlebih
  4. Kesulitan makan atau merasa kenyang dengan cepat
  5. Sembelit atau diare
  6. Mual, gangguan pencernaan
  7. Sesak napas
  8. Kelelahan yang ekstrim
  9. Berat badan
  10. Nyeri punggung
Lalu, Apa yang Harus Anda Lakukan?

Berikut beberapa langkah yang perlu Anda lakukan setelah mengecek gejala-gejala yang tertulis diatas:

  • Jika salah satu gejala di atas adalah biasa bagi Anda dan bertahan lebih dari dua atau tiga minggu, maka segera mungkin hubungi dokter Anda. Deteksi dini adalah kunci untuk meningkatkan kesempatan Anda dapat bertahan hidup. Tergantung pada bagaimana kelanjutan dari penyakit ini, pengobatan dapat mencakup operasi dan kemoterapi.
  • Lakukan cek up ke dokter Anda setiap tahun. Jika ada riwayat kanker ovarium dalam keluarga Anda, tanyakan apakah Anda harus mendapatkan penyaringan untuk gen BRCA.
  • Jika Anda berada pada risiko tinggi untuk kanker ovarium, tanyakan kepada dokter Anda terlebih dahulu apakah Anda perlu menggunakan pil KB. Sebab, mengkonsumsi pil KB selama 5 tahun telah terbukti mengurangi risiko kanker ovarium sebesar 50 persen. Namun, perlu diketahui juga bahwa pil KB telah dikaitkan dengan sedikit peningkatan kanker payudara dan mungkin memiliki risiko kesehatan lainnya. Jadi pertimbangkan baik-baik pro dan kontra nya sebelum Anda memulai minum obat ini.
  • Anda dapat menurunkan risiko tertular berbagai bentuk kanker dengan makan makanan yang sehat penuh buah-buahan dan sayuran, tidak merokok dan berolahraga secara teratur.
  • Yang paling penting lagi adalah jangan menunda-nunda dalam mencari bantuan dan pengobatan. Seperti semua penyakit, tetapi terutama kanker, semakin cepat penyakit Anda didiagnosis dan diobati, maka semakin baik.

Nah, itulah beberapa gejala kanker ovarium berikut penjelasan lainnya yang harus Anda ketahui, semoga kita semua dapat terhindar dari penyakit yang mematikan ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar