Alasan Mengejutkan Mengapa Anda Selalu Lelah


Selasa, 24 Maret 2015
Label:

[Sains Box] Apakah Anda seringkali merasa lelah di siang hari? Seolah-olah Anda kurang istirahat, padahal waktu tidur Anda sudah cukup menurut Anda. Badan terasa lesu, lemah, serta kepala sering terasa pusing. Belum lagi memori otak Anda terkadang terganggu sehingga menjadikan Anda seperti orang yang pelupa.

Jika ini yang terjadi pada Anda. Maka tanyakanlah pada diri sendiri, “berapa gelas air yang Anda minum selama sehari?”

Jika Anda adalah salah satu dari empat puluh tiga persen orang dewasa di dunia yang minum kurang dari empat cangkir air setiap harinya, maka sudah dipastikan inilah alasan mengapa Anda selalu lelah. Perlu dicatat, lebih dari 83 persen volume darah kita adalah air, jadi ketika kita mengalami dehidrasi, kita tidak punya cukup darah mengalir melalui tubuh kita.

Alasan Mengejutkan Mengapa Anda Selalu Lelah

Studi yang dilakukan di University of Connecticut menyimpulkan bahwa bahkan dehidrasi ringan dapat mengubah suasana hati, tingkat energi seseorang dan kemampuan untuk berpikir secara jernih. Lawrence E. Armstrong, adalah salah satu ilmuwan yang memimpin penelitian itu, ia menunjukkan bahwa "sensasi rasa haus kita tidak benar-benar muncul sampai kita mencapai 1 atau 2 persen dehidrasi. Namun, pada saat dehidrasi sudah dicapai, maka dampaknya akan dirasakan pada pikiran dan tubuh kita."

Baca Juga:

Meskipun tidak minum cukup air merupakan alasan jelas dehidrasi terjadi, namun ada beberapa faktor yang sering diabaikan, termasuk hari yang cerah, obat-obatan resep tertentu, olahraga atau stres.

"Tingkat Fluida kalangan perempuan menurun selama menstruasi," menurut Robert Kominiarek, seorang dokter keluarga bersertifikat di Ohio.

Nah, sebagai bahan pertimbangan Anda mengenai jumlah air yang sudah Anda minum, berikut ini tabel yang harus Anda terapkan agar kebutuhan air dalam tubuh Anda tercukupi. Lihat berdasarkan aktivitas yang Anda lakukan. Apakah aktivitas ringan, sedang, ataupun berat. Lalu cocokan dengan berat tubuh Anda.

Kebutuhan air sehari-hari (dalam cangkir) dengan satu jam aktivitas:

Berat badanAktifitas ringanAktifitas sedangAktifitas berat
115 lbs9 cangkir9-1/2 cangkir10 cangkir
125 lbs91011
150 lbs91011
175 lbs9-1/210-1/212-1/2
200 lbs9-1/21113-1/4
Catatan: 1 lbs = 0.45359237 kg

Nah, melihat dari tabel diatas, apakah sudah cukup air yang Anda minum?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. Alhamdulillah, bisa menjaga kadar air yang masuk ke tubuh.

    BalasHapus