Daun dan Akar Dandelion Ternyata Bersifat Anti Kanker


Jumat, 10 Juli 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Apakah Anda tahu bunga dandelion? Dandelion seringkali dijumpai tumbuh secara liar, bahkan bisa saja tumbuh di pekarangan rumah Anda. Bunga dandelion yang berwarna kuning tersebut ternyata menurut penelitian memiliki sifat anti-kanker yang kuat. Jadi jika Anda menemukannya ada di halaman rumah Anda, lebih baik biarkan tumbuh dan jangan membuangnya.

Salah satu studi paling menarik tentang kemampuan anti-kanker dandelion yang diterbitkan dalam Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine. Departemen Kimia dan Biokimia di University of Windsor, Ontario, Kanada bersama dengan Windsor Cancer Center Regional, menguji efek ekstrak akar dandelion (Taraxacum officinale) pada melanoma yaitu bentuk agresif dari kanker kulit. Para ilmuwan menemukan bahwa setelah 48 jam paparan ekstrak dandelion, sel-sel kanker mulai mati. Studi ini juga menemukan bahwa dandelion efektif pada sel-sel kanker yang resisten terhadap kemoterapi.

Daun dan Akar Dandelion Ternyata Bersifat Anti Kanker

Baca Juga:

Penelitian lain yang diterbitkan dalam International Journal of Oncology menunjukkan bahwa dandelion yang begitu banyak orang membencinya sebagai rumput liar kini menawarkan harapan baru dalam pertempuran melawan kanker. Para peneliti menguji berbagai bagian tanaman ini, yang kemudian dibuat menjadi teh herbal dan menilai efek pada kedua jenis kanker berbahaya seperti kanker payudara dan kanker prostat. Mereka menemukan bahwa teh yang terbuat dari bagian daun menurunkan pertumbuhan sel kanker payudara sementara teh yang terbuat dari akar memblokir kemampuan sel kanker untuk menyerang jaringan payudara yang sehat dan jaringan prostat yang sehat.

Dalam studi lain yang diterbitkan dalam jurnal medis online PLoS One, peneliti menemukan bahwa ekstrak akar dandelion bisa selektif dan efisien membunuh sel kanker tanpa toksisitas pada sel-sel yang sehat. Mereka menyimpulkan bahwa akar dandelion dan obat-obatan alami lainnya memiliki "potensi besar, sebagai obat alternatif non-beracun dan efektif untuk mode konvensional kemoterapi yang tersedia saat ini."

Daun dan Akar Dandelion Ternyata Bersifat Anti Kanker

Daun dan Akar Dandelion Ternyata Bersifat Anti Kanker

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Molecular Carcinogenesis, salah satu cara akar dandelion ini bekerja adalah dengan membuat sel kanker lebih rentan dan dihancurkan melalui proses alami tubuh yang dikenal sebagai apoptosis, yang menyebabkan sel kanker menghancurkan diri sendiri. Studi ini juga menemukan bahwa akar dandelion tampaknya meningkatkan efektivitas pengobatan kanker lain yang digunakan bersama itu.

Penelitian menggunakan salah satu jenis akar dandelion tincture (ekstrak alkohol) atau akar dandelion atau daun teh untuk mendapatkan hasilnya. Berdasarkan pengalaman akar dandelion tincture cenderung lebih kuat. Untuk itu, pilih merek dandelion tingtur terkemuka untuk hasil terbaik. Jangan lupa ikuti petunjuk paket atau bekerja dengan herbal profesional.

Cara lain untuk menuai manfaat kesehatan dari akar dandelion adalah dengan cara memanggang akar dandelion di suhu 200 derajat selama 2 jam atau sampai benar-benar kering dan kemudian menggilingnya di penggiling kopi. Tambahkan satu atau dua sendok makan almond untuk santan dan sejumput stevia, campur dan tuangkan di atas es untuk menambah kelezatan, secara alami minuman tersebut akan menjadi minuman es anti-kanker. Atau, banyak juga akar dandelion yang sudah di panggang dijual di toko-toko makanan kesehatan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

8 komentar:

  1. Sayangnya gambarnya cuma satu jadi kurang jelas kalau lihatnya pake hp.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Udh saya tambahin 2 gambar lg tuh mbak... ^_^
      kalo mau jelas didownload aja gambarnya mbak dari hape, nanti bs diperbesar kan?

      Hapus
  2. Dandelion memang tanaman yg ajaib mas...

    BalasHapus
  3. Balasan
    1. Coba aja cari di toko-toko herbal

      Hapus
  4. kalau ada yang tau kasih tau dong alamat yang jualnya???trims

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba searching aja di Google mas Dicky... pasti byk yg jual kok secara online. Tp hati2 kalo beli secara online..

      Hapus