Ramuan Untuk Membuat Otak Brilian


Jumat, 20 Maret 2015
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan berpikir bahwa otak Anda dilahirkan dengan semua neuron yang pernah ada. Jika Anda minum alkohol dan membunuh sel-sel otak, maka mereka pun lenyap. Akan tetapi, pada tahun 1998 para peneliti menemukan kelahiran neuron baru pada individu yang hampir mati. Ini membuktikan bahwa otak Anda, tidak peduli seberapa tua ataupun muda, dapat menghasilkan neuron yang baru.

Lalu apa sebenarnya salah satu kunci untuk pertumbuhan otak? Jawabnya adalah diet. Apa yang Anda makan akan membantu menghasilkan neuron sehat dengan gantang dendrit (reseptor saraf). Hal ini juga membuat ujung saraf menembak dan memungkinkan Anda untuk mempertahankan fleksibilitas otak. Bahkan jika memori Anda yang begitu lemah dan Anda tidak dapat mengingat nomor ponsel pasangan Anda, namun makanan masih memberikan rezeki untuk otak.

Ramuan Untuk Membuat Otak Brilian

Baca Juga:

Jadi intinya kembali lagi kepada apa yang sudah Anda makan. Sebab apa yang Anda makan dapat menjadi hal yang baik bagi tubuh ataupun sebaliknya. Studi bertentangan menganalisis setiap jenis makanan, vitamin, mineral, herbal, dan kombinasinya.

Nah, berkaitan dengan otak, berikut beberapa ramuan berasal dari rempah-rempah yang terbukti dapat membantu pertumbuhan dan perkembangan otak. Apa sajakah itu?

1. Kunyit. Kurkumin adalah zat yang membuat warna kuning pada kunyit. Zat ini tampaknya mengaktifkan enzim antioxidizing yang menjadi kunci untuk mengurangi penumpukan plak. Hal ini juga merupakan anti-inflamasi yang melawan beberapa jenis kanker dan multiple sclerosis. Makanan yang mengandung banyak kunyit, akan membantu otak Anda.

2. Saffron. Saffron diketahui mampu melawan depresi pada manusia, serta meningkatkan pembelajaran dan memori pada hewan. Menurut sebuah studi 2005 di Journal of Ethnopharmacology, konsumsi Saffron dua kali sehari sama efektifnya dengan Prozac dalam mengobati depresi ringan sampai sedang.

3. Sage, adalah antioksidan kuat dan anti-inflamasi. Akar sage Cina mengandung senyawa yang mirip dengan obat-obatan penyakit Alzheimer, dan menurut penelitian di Perilaku Biokimia Farmakologi, hanya 50 mikroliter (0,001690 fl oz) ekstrak minyak sage dapat meningkatkan memori secara signifikan. Sage adalah tambahan yang bagus untuk salad, sup, bahkan pada pizza. Rasa dan baunya benar-benar menyegarkan.

4. Kayu Manis. Bau kayu manis ternyata dapat meningkatkan otak Anda. Bahkan kayu manis rasa permen karet dapat meningkatkan memori, kecepatan visual-motor, pengakuan, perhatian, dan fokus. Kayu manis merupakan rempah-rempah yang berkhasiat luar biasa: dapat membantu untuk mengatur kadar gula; mengurangi proliferasi leukemia dan kanker limfoma sel; mengurangi penggumpalan trombosit darah; bertindak sebagai antimikroba, yang berarti membantu masalah infeksi jamur; berisi mangan mineral dan merupakan sumber yang sangat baik dari serat makanan, zat besi, dan kalsium. Luar biasa banyak manfaatnya. Cobalah beberapa apel dan kayu manis untuk camilan, terutama berikan kepada anak-anak Anda sebelum melakukan pekerjaan rumah.

Dengan memberikan asupan nutrisi yang baik bagi otak, maka tidaklah mungkin Anda akan menjelma menjadi orang yang brilian. ^_^

Memang benar kata sebuah perumpamaan, "you are what you eat".

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

5 komentar:

  1. Gan informasi ini di dapatkan dari mana ya?

    BalasHapus
  2. @Abdul Muiz: sumbernya dari berbagai situs luar negeri semua mas.. ^_^
    salah satu situsnya milik seorang yg ahli dibidang kesehatan, bahkan dia guru yoga.

    BalasHapus
  3. terimakasih ya gan jawabannya.. blognya kereen saya sangat terinspirasi... Bolehkah saya belajar dengan agan?

    BalasHapus
  4. @Abdul Muiz: sama2 mas Abdul. tolong jgn panggil saya agan ya, agak terdengar kurang enak mas..
    kira2 mau belajar soal apa nih? selama saya bs jwb, saya pasti akan jawab.

    kirim diemail saya aja mas, biar lbh enak, disini:
    p.6puluh@gmail.com

    BalasHapus
  5. dicoba dulu nih siapa tau einstein dulu juga gigit kunyit biar pinter hehehe

    BalasHapus