Istilah Yang Unik dan Aneh Dalam Kegiatan MOS


Jumat, 10 Juli 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Semua orang yang pernah mengenyam bangku sekolah pasti pernah mengalami satu kegiatan yang bernama MOS (Masa Orientasi Siswa). Kegiatan ini biasanya digelar pada saat menyambut kedatangan siswa tahun ajaran baru, yang mana bertujuan sebagai ajang pengenalan diri terhadap lingkungan sekolah mereka yang baru. Baik mengenal kakak-kakak kelasnya, guru-gurunya, serta semua ruang lingkup di sekolah.

Namun, seiring perkembangan jaman, ternyata ada banyak sekali perbedaan antara jaman sewaktu saya masih sekolah dengan MOS di jaman sekarang. Yang saya alami dulu, sangat jauh berbeda dengan kegiatan MOS sekarang. Kegiatan MOS di jaman sekarang lebih mengandalkan pikiran daripada tenaga. Bagi mereka yang cerdas akan dengan mudah memecahkan teka-teki yang diberikan oleh kakak kelas mereka.

Istilah Yang Unik dan Aneh Dalam Kegiatan MOS
Photo Credit

Baca Juga:

Berhubungan dengan teka-teki ini, ada banyak sekali istilah-istilah unik bahkan cukup aneh di dengar. Biasanya kakak kelas akan memberikan sebuah tugas untuk dibawa oleh peserta MOS, nah, tugas tersebut memang sangat sepele namun membutuhkan pemikiran yang cerdas. Tidak jarang tugas-tugas itu membuat peserta MOS kewalahan dalam memecahkannya. Sebab tugas itu berupa semacam teka-teki yang nantinya merujuk kepada nama sebuah benda. Kebanyakan benda tersebut berupa makanan. Misalnya saja: kata "lontong" mereka ganti dengan kata "nasi pocong ijo". Gimana gak pusing coba. Aneh kan? Karena begitu susahnya, tidak sedikit juga peserta MOS jadi merepotkan kedua orang tua mereka.

Untuk itu, saya mencoba untuk sedikit membantu adik-adik saya yang saat ini mungkin sedang menghadapi MOS, dengan mencoba menyusun istilah-istilah aneh dalam MOS itu menjadi sebuah kamus. Berikut ini beberapa diantaranya:

Istilah Yang Unik dan Aneh Dalam Kegiatan MOS
Selengkapnya klik disini

Berhubung jumlahnya hingga mencapai lebih dari 360 istilah, maka silahkan adik-adik download saja langsung di bawah ini yang saya buat dalam bentuk file Ms. Word. Jadi adik-adik bisa lebih mudah untuk mencetaknya dan mencari arti dari kata-kata tersebut. Downloadnya lewat Mediafire, namun sebelumnya tunggu 5 detik iklan lewat kemudian klik Tombol "Continue" yang muncul di pojok kanan atas (di halaman Mediafire nanti klik tombol download yang warna hijau ya):


Meskipun tugas tersebut memang cukup merepotkan, namun anggaplah itu sebagai tantangan dalam mencapai tujuan. Dan jadikanlah ini sebagai ajang untuk mengasah kesabaran, kerja keras, gigih, dan tanggung jawab dalam menyelesaikan tugas.

Semoga bermanfaat untuk adik-adik semua!

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

8 komentar:

  1. wah, iya ya kang, saya malah hampir lupaistilah2 MOS tsb hehehe, dulu waktu masih sekolah atau masih kuliah sih kadang suka inget kalo ada adik kelas bertanya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama kang Eka, saya jg kadang nanya2 ke yg lain dulu.. hehe, maklum usia udh bikin memori otak berkurang, hehe... :D
      ngaku udh tua, hihihi...

      Hapus
  2. gak pernah tau istilah2 tersebut.
    kudet dan jadul banget saya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ah masa sih? emang lulusan tahun brp nih?

      Hapus
  3. Misi mau numpang tanya inii dong.terimakasih

    1. Makanan lebay
    2. Ada seperempat sebelum toge
    3. Ada roti tukul
    4. Dua ratu perak
    5. Makanan langit
    6. Air bilangan 257 besar
    7. Pesawat akhir alphabet
    8. Seperempat serbuk berlian (khusus perempat)
    9. Seperempat tabung merah (khusus laki laki)
    10. Angin tornado
    11. Kaleng badak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baru bisa jwb 7 nih:
      1. Makanan lebay = slay olay
      3. Ada roti tukul = Roti sobek
      4. Dua ratu perak = 2 silverqueen
      6. Air bilangan 257 besar = Air mineral merk Prima yang ukuran besar
      7. Pesawat akhir alphabet = snack merk 'JETZ'
      10. Angin tornado = Twister
      11. Kaleng badak = larutan cap badak

      Hapus
    2. Satu lagi:
      8. Seperempat serbuk berlian (khusus perempuan)= beras seperempat

      tapi masih ragu ^_^

      Hapus