Menguak Teka-teki Ilusi Foto Kucing di Tangga


Sabtu, 11 April 2015
Label:

[Sains Box] Terkadang, sebuah objek dalam foto dapat menimbulkan ilusi optik bagi yang melihatnya. Apalagi jika sudut pengambilan foto tersebut sangat tepat, seimbang dan pas. Sehingga manakala orang memandang foto tersebut, mereka yang berpikir, akan menemukan sesuatu yang menarik dalam foto itu.

Berbicara tentang ilusi foto, belum lama ini dunia maya dihebohkan dengan munculnya sebuah foto kucing yang berada di tangga. Sekilas memang tidak ada yang spesial dengan foto itu. Namun, saat diperhatikan dengan seksama, dan terlontarlah sebuah pertanyaan yang menjebak, “ke arah manakah kucing dalam foto itu melangkah, naik tangga? Atau, turun tangga?”

Sebelum menjawabnya, silahkan Anda perhatikan foto di bawah ini terlebih dahulu:

Menguak Teka-teki Ilusi Foto Kucing di Tangga

Jika diperhatikan, memang foto kucing diatas bisa sangat menjebak. Apalagi dengan warna latar belakang yang polos kosong, sehingga membingungkan apakah yang di belakang kucing itu lantai, ataukah langit-langit.

Baca Juga:

Dari sinilah, kehebohan pun akhirnya muncul. Karena sebaris pertanyaan itulah, membuat foto yang semula tidak begitu spesial menjadi heboh di dunia maya. Awalnya foto itu pertama kali diunggah di situs 9gag.com. Lalu, beberapa komentar pun muncul memperdebatkan arah langkah kaki kucing itu. Ada yang dengan yakin mengungkap kucing tersebut melangkah turun, namun tidak sedikit juga yang menyatakan kalau kucing itu sedang menaiki tangga.

Dalam hal ini, saya pun jadi ikut tertarik untuk memecahkannya, sedari pertama kali saya melihat foto itu, sebenarnya jawabannya bisa langsung ditemukan dengan mudah. Itu jika kalian benar-benar memperhatikan setiap sudut objek anak tangga dalam foto itu. Dan hanya dalam beberapa detik saya sudah cukup mantap menjawab bahwa “KUCING ITU SEDANG MENURUNI TANGGA”.

Dari mana saya punya jawaban itu?

Cukup mudah, coba saja Anda perhatikan anak tangganya. Disitu jelas sekali terlihat ada struktur yang tampak menonjol di bagian tepi tangga. Jika kucing itu menaiki tangga. Lalu, apa Anda tidak merasa aneh dengan tonjolan di tepi anak tangga itu, apakah itu tidak akan mengganggu orang yang lewat tangga? Dari sinilah saya punya kesimpulan bahwa tonjolan yang ada ditepi anak tangga itu bukanlah berada di bagian atas yang harus dipijak, melainkan ada di bagian tepi anak tangga. Dari sinilah saya menyatakan bahwa kucing itu sedang menuruni tangga.

Setelah itu saya coba searching di google, dan menemukan sebuah foto yang memberikan gambaran yang sama persis dengan foto kucing berjalan itu. Baik struktur anak tangganya juga sepertinya kucingnya pun sama persis, mungkinkah kedua gambar tersebut dalam lokasi yang sama? Coba Anda bandingkan dengan gambar di bawah ini. Perhatikan anak tangganya! Sudah jelas sekali bukan???

Menguak Teka-teki Ilusi Foto Kucing di Tangga

Namun, selain dari anak tangga, jawaban juga bisa kita temukan dari si kucing sendiri. Bagi yang punya kucing di rumah, pasti setidaknya akan tahu apa saja kebiasaan kucing saat naik tangga, dan saat menuruni tangga. Ketika kucing menuruni tangga, ekornya akan terangkat ke atas, hal ini membantunya untuk menjaga keseimbangan. Sedangkan ketika naik tangga, kucing akan membiarkan ekornya mengarah ke bawah. Perhatikan gambar berikut:

Menguak Teka-teki Ilusi Foto Kucing di Tangga

Nah, sudah terjawab bukan? Jawabannya, “KUCING ITU SEDANG MENURUNI TANGGA

Case Closed...

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

33 komentar:

  1. sepertinya sich memang turun kok, sudah jls sekali ngliat anak tangganya juga aneh gitu... setuju mas, jwbannya turun

    BalasHapus
  2. fotografernya hebat ya.. saya aja bingung

    BalasHapus
  3. @Fitriyana: iya Fit, awal pertama liat jg mata saya langsung tertuju ke anak tangga yg nampak aneh

    @Michael: haha, bnr bgt tuh, bisa banget ya bikin jepretan yg memanipulasi mata

    BalasHapus
  4. Assalamu Alaikum akhirnya ada yang menjlaskan dengan fakta-fakta yang ilmiah sebuah hal yang mengundang perdebatan besar di forum bersosial juga

    BalasHapus
  5. Betul...itu puss miaaw sedang turun, karena dia melangkah dan pola ekor kucingnya berdiri. Penjelasannya...kucing akan melompat bila naik dan ekornya akan rebah untuk keseimbangan gravitasi bumi. Saya pencinta kucing lucu :*

    BalasHapus
  6. @Abdullah Al Pinrany: waalaikumussalam, iya sob, segala sesuatu masalah itu pasti ada penyelesaiannya, jika bukan dari sisi ilmiah, pasti dari sisi yg lain..

    @Fandi Valensiano: sama mas Fandi, saya jg pencinta kucing, kucing itu memang lucu, apalagi kalo msh kecil2.. ngegemesin,sebagai salah satu pencinta kucing, setidaknya saya tau sedikit tentang kebiasaan kucing, meskipun saya tdk memeliharanya di rumah.

    BalasHapus
  7. wah, kucing jd tenar tuh, harusnya fotografernya jg ikut tenar, hehe... keren penjelasannya, jd nambah ilmu

    BalasHapus
  8. Itu naik bos... coba perhatikan lagi.. pijakan kucing, tangganya juga. Extreme sekali tangganya kalau itu turun.

    BalasHapus
  9. @Sukma: iya mas Sukma, si kucingnya tenar di dunia maya, haha

    @Tuanmuda Okta: perhatikan dgn seksama mas, kucing itu kaki sebelah kanannya blm memijak msh terangkat, lihat pd bayangannya, dan perhatikan jg kaki kirinya, itu bagian bawahnya seperti terputus. knp? sebab ia sudah memijak dibagian sisi(jika dilihat dari foto) namun sebenarnya bagian sisi itu adalah bagian atas anak tangga. Lalu knp bs nampak ekstrem, disinilah letak ilusi itu terjadi, si fotografer bnr2 menempatkan kameranya pd tempat yg 'pas' dan simetris. karena kesimetrisan inilah maka gambar itu jd terpengaruh dengan tembok sisi kanan dan kiri yg membuatnya jd nampak ekstrem.

    BalasHapus
  10. Mata kalian pada memperhatikan tangga si -_-, Tangga itu berbeda2 tiap tempat gan , perhatiin tu kepala kucing klw si fotografer ngambil dari bawah sudah jelas tu kepala kucing gax akan melanggak ke atas sudah pasti pandangan lurus ke bawah kan? terlihat jelas jga antara tangga naik n turun dari foto yg anda upload d atas !!! Nah n juga perhatiin lantai yg d belakang kucing masa klw itu langit2 bentuknya sperti itu -_- , perhatiin juga dinding d antara lantai belakang kucing ap iya bentuk diding jika tangga itu naik sperti itu -_- , nah perhatiin juga tu langkah kaki kanan si kucing terlihat jelas ad kekuatan seakan2 ingin mendorong untuk naik , n kaki kiri si kucing juga terlihat jelas dekat dengan tangga agar bisa naik dgn lebih mudah n wajar trlihat stengah, terlihat jelas jga antara tangga naik n turun dari foto yg anda upload d atas !!!.. Bukan dri bentuk tangga yg d lihat bozz :v !! t4 gua bahkan ad yg gx pake anak tangga, n ad jga tonjolan(sedikit) yg d atas tangga untuk mempermudah orang2 naik.. Jdi si kucing itu sedang menaiki tangga !!!!!! atau tanya deh sama di fotografernya awkwkwkw...

    BalasHapus
  11. @Ricky: iya deh, kamu aja yg nanya ke fotografernya ya, kalo saya sih udh gak perlu tuh, soalnya sebelum saya posting ini, fotografernya SMS ke saya tuh dan bilangin katanya si kucing itu lg turun tangga, katanya kebelet pipis mau ke WC, gitu... wkwkwkwk...
    msh mending perhatian kita2 ke tangga ya, daripada merhatiin cewe yg lewat

    BalasHapus
  12. Si kucing lagi turun tangga. Saya punya 16 anak tangga, dan 3 ekor kucing dewasa, mereka tinggal diatas. Setiap kali mau kasi makan saya panggil mereka dan mereka akan turun. Saat turun, mereka seperti gambar diatas . jadi saya sependapat sama penulis ini :)

    BalasHapus
  13. @Bung Aji: tuh kan, saya dpt dukungan lg dari Bung Aji..
    mksh Bung Aji, salam untuk kucing2nya ya... ^_^

    BalasHapus
  14. Sudah jelas kucing itu sedang menuruni tangga. Pelajaran di sekolah sudah di jelaskan. Kucing sedang menuju ke bawah mau itu melompat atau menuruni tangga ekornya akan mengarah ke atas itu berguna untuk menjaga keseimbangan badan si kucing. Sudah betul apa yg di jelaskan oleh sains box wkwkw

    BalasHapus
  15. @Bayu Yunanda: asiiiik betul, dpt nilai 100 donk.. hehe... :D
    mksh sobat Bayu atas masukannya... kira2 disekolah masuk ke dalam materi pelajaran apa ya mas?

    BalasHapus
  16. Itu jelas turun meongnya...fotografer membidikkn kamera dr bibir anak tangga terakhir bisa sambil telungkup tiduran dilantai..
    Pndangn mata kucing trlihat lurus kebawah..
    Tonjoln anak tgga jg sudh mnjwab selain ekornya...bagian anak tangga yg rata tidak trlihat tujuannya utuk mnimbulkn ilusi ..

    Praktekkn saja..jka anda ingin jwabn yg memuaskn.

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah, itu jelas bgt kan? ini saking hebatnya sang fotografer mengambil sudut pemotretan jd menimbulkan ilusi, sayangnya di atas tdk ada org yg melongok ke bawah ^_^

      Hapus
  17. Saya terjebak dalam kebingungan awal melihat gambarnya...hehehehe.. analisis kereen... (y)

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe... kirain terjebak bareng kucingnya. :D

      Hapus
  18. keren juga... https://instagram.com/muvie_shop/

    BalasHapus
  19. dari awal juga dah ngira turun,tapi tanpa penjelasan apapun, cuma kira kira aja. keren nih analisa pemilik blog.

    BalasHapus
  20. Siapa fotografernya ?
    editan atau bukan ?
    Kalo editan kita semua jadi bahan untuk perdebatan yang ga ada gunanya .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo saya tau fotografernya, saya gak perlu bahas di sini lg, cukup saya tanya aja ke fotografernya. soal editan atau bukan, itu bukan keahlian saya, saya cm melihat dari fakta yg ada.. dan semua yg ada digambar itu, menurut saya cukup 'fakta'. Soal berguna atau tdk, itu tergantung cara berpikir Anda dlm menerima informasi ini.

      Hapus
  21. Liat aja tegel samping kirikanan tangga yg biasa dipasang buat penahan kotoran waktu kita ngepel jadi bekas pel ngga akan nempel ditembok tapi ditegel yg ditempel di dinding tersebut. Jadi dengan berpatokan tegel penahan yg berada ditiap tangga maka kucing tersebut jelas meuruni tangga.

    BalasHapus
  22. MANTAP BRO, SAYA JUGA SUDAH TEMUKAN JAWABANNYA DI WWW.TEKA-TEKI.COM

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke mas Sigit.... jawabannya sama kan kyk pendapat saya

      Hapus
  23. tapi gimana cara penambilan photonya ya kak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin itu tangga masih panjang ke bawahnya, jd si fotografer tdk perlu tiduran lg untuk mengambil gambarnya, cukup jongkok sedikit saja menurut saya..
      ini namanya momen yg pas... itu saja.

      Hapus
  24. Jawabannya bener tp analisanya kurang logis dan tidak bisa diterapkan pd kasus yg sama (misal kucing dan tangga yg berbeda). Klo soal anak tangga,ada bnyk anak tangga yg ga pake tonjolan. Klo soal ekor,ada bnyk kucing yg ga ada ekor atau cuma bulat diujung. Analisa saya adalah klo dia naik kakinya nempel di sisi datar/sisi yg jelas terlihat. Klo dia turun kakinya nempel di sisi tegak/sisi yg tak terlihat jelas dlm sudut pandang foto.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disini yg kita bahas bukan foto kucing yg gak punya ekor bro... jd saya gak setuju dgn teori Anda. Semua yg punya kucing sudah tau betul mengapa ekor kucing ke atas jika berjalan di tangga. Saya yakin Anda bukan pencinta kucing, apakah saya betul?

      Hapus