12 Makanan Untuk Kesehatan Jantung Anda


Minggu, 22 Maret 2015
Label:

[Sains Box] Penelitian telah menunjukkan bahwa 70% dari kasus penyakit jantung dapat dicegah dengan diet yang tepat, memilih makanan yang baik untuk kesehatan jantung adalah upaya yang terbaik untuk mengurangi risiko terhadap penyakit jantung, serta meningkatkan kondisi kesehatan jantung Anda.

Banyak sekali makanan sehat yang baik untuk jantung, masing-masing makanan itu membantu memberikan nutrisi tubuh Anda yang dibutuhkan untuk mencegah kerusakan pada sel-sel, meningkatkan arteri yang sehat, serta meningkatkan tekanan darah yag efektif menghentikan penyakit jantung pada jalurnya.

12 Makanan Untuk Kesehatan Jantung Anda

Baca Juga:

Ada berbagai pilihan makanan yang bisa Anda konsumsi baik sebagai menu sarapan pagi, makan siang, ataupun makan malam. Nah, berikut ini ada 12 Makanan Untuk Kesehatan Jantung Anda:

1. Wortel

Menurut British Journal of Nutrition, makan buah-buahan dan sayuran yang lebih mendalam, khususnya wortel yang berwarna oranye ini terkait dengan rendahnya risiko penyakit jantung koroner. Karena kandungan beta-karoten yang kaya, wortel telah ditemukan untuk menurunkan risiko penyakit jantung koroner sebesar 32%. Bonus tambahan untuk wanita: jika Anda makan wortel, Anda secara signifikan akan mengurangi kesempatan terkena serangan jantung! Luar biasa sekali wortel ini!

2. Oatmeal

Tidak diragukan lagi, oatmeal telah menjadi populer, semua orang sudah mulai mengenal kebaikan dari oatmeal. Outmeal telah disetujui oleh FDA sebagai makanan jantung sehat yang bersertifikat, oatmeal mengandung serat larut yang membantu menurunkan kolesterol LDL. Pada tahun 2008, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam American Journal of Lifestyle Medicine menemukan bahwa hubungan antara gandum dan kesehatan jantung bahkan lebih kuat dari peneliti sebelumnya. Dengan sarapan makanan lezat ini dapat mengurangi risiko Anda terkena tekanan darah tinggi dan mencegah pengerasan pembuluh darah.

3. Salmon

Tidak peduli apakah yang diasap atau dipanggang, ikan lezat ini penuh dengan asam lemak omega-3 yang telah terbukti untuk meningkatkan metabolisme penanda untuk penyakit jantung. Pada tahun 2010, sebuah artikel review di "Current Atherosclerosis Reports" menyimpulkan bahwa omega-3 ikan salmon dapat membantu melindungi terhadap penyakit jantung dan mengurangi angka kematian pada pasien dengan gagal jantung kongestif.

4. Biji-bijian

Untuk Anda yang sedang melakukan gaya hidup diet rendah karbohidrat mungkin perlu mempertimbangkan kembali keputusan Anda, sebab studi menunjukkan bahwa orang yang makan biji-bijian cenderung memiliki risiko lebih rendah terkena penyakit jantung daripada orang yang tidak memakannya. Bahkan, dalam sebuah penelitian Harvard, peneliti menemukan bahwa orang yang makan diet tinggi serat penuh biji-bijian memiliki risiko 30% lebih rendah dari penyakit jantung. Mengapa? Karena seluruh biji-bijian mengandung antioksidan, fitoestrogen, dan phytoserols, yang semuanya melindungi terhadap penyakit jantung koroner.

5. Cokelat hitam

Cokelat hitam sudah populer di kalangan kesehatan selama beberapa tahun terakhir karena efek menguntungkan pada sistem kardiovaskular. Dalam moderasi, biji kakao membantu melindungi terhadap penyakit jantung karena kaya akan flavonoid, jenis antioksidan yang menurunkan tekanan darah, meningkatkan aliran darah ke otak dan jantung, dan membuat trombosit darah cenderung menggumpal.

6. Susu Kedelai

Dokter khusus merekomendasikan susu kedelai untuk orang dengan kolesterol tinggi atau riwayat keluarga berpenyakit jantung. Alasannya? Secara signifikan susu kedelai menurunkan konsentrasi darah trigliserida dan low-density lipoprotein (LDL) dan meningkatkan tingkat lipoprotein densitas tinggi (HDL). Lebih sederhananya, susu ini membuat Anda lebih kecil kemungkinannya untuk mengembangkan arteri tersumbat dan melindungi tubuh Anda dari penyakit jantung.

7. Almond

Baru-baru ini, empat studi epidemiologi skala besar (Nurses Health Study, Iowa Health Study, Adventist Health Study, dan Physicians Health Study) menyimpulkan bahwa konsumsi kacang Almond menyebabkan rendahnya risiko penyakit jantung. Almond khususnya mengandung sejumlah besar lemak tak jenuh tunggal, yang membantu menurunkan kolesterol, dan vitamin E-antioksidan yang sangat membantu.

8. Blueberry

Dalam sebuah studi 2013 di Harvard, para peneliti menemukan bahwa wanita yang makan banyak buah blueberry adalah 34% lebih kecil kemungkinannya untuk menderita serangan jantung dibandingkan wanita yang makan lebih jarang, kemungkinan besar karena flavonoid yang dikenal sebagai "anthocyanin" yang memberikan warna buah dan membantu mencegah penumpukan plak di arteri. Orang-orang dengan jantung yang sehat makan tiga atau lebih setengah cangkir porsi buah ini setiap minggu.

9. Paprika Merah

Tambahkan sedikit bumbu untuk hidup Anda dengan paprika merah yang super ini. Tidak seperti paprika hijau, paprika merah mengandung dosis besar lycopene, yang membuat mereka menjadi pilihan makanan yang fantastis untuk mendukung kesehatan jantung. Mereka juga diisi dengan serat penurun kolesterol larut dan Vitamin A juga C, antioksidan terbukti membantu sistem kardiovaskular.

10. Bayam

Mendengar kata bayam, kita pasti ingat si Popeye. Karena tingkat kalium yang tinggi, bayam membantu orang dengan tekanan darah tinggi meniadakan efek natrium pada tubuh mereka. Kandungan zat besi yang juga membantu meningkatkan kualitas darah. Jadi, jangan ragu untuk memakan bayam.

11. Anggur Merah

Minuman ini tidak perlu dijadikan pilihan yang penting, sebab, bagaimana pun juga minuman mengandung alkohol dilarang di negara kita. Mengkonsumsi sedikit Anggur merah telah lama dianggap bermanfaat bagi kesehatan jantung. Antioksidan dalam anggur merah yang disebut polifenol ternyata turut membantu melindungi lapisan pembuluh darah di jantung, mengurangi LDL, dan mencegah pembekuan darah.

12. Ubi Jalar

Bagi masyarakat kita, ubi jalar sudah bukan hal yang asing lagi, bahkan sejak jaman nenek moyang kita dulu, sudah menjadikan ubi jalar sebagai makanan pokok. Ternyata ubi jalar memiliki khasiat yang luar biasa. Ubi jalar merupakan sumber yang sangat baik dari magnesium, mineral yang sering diabaikan dan kurang dikonsumsi oleh orang-orang di Amerika. Benar-benar penting bagi tubuh manusia, magnesium mendukung arteri yang sehat, darah, tulang, jantung, otot, dan fungsi saraf. Jadi jangan memandang sebelah mata pada ubi jalar.

Nah, itulah 12 Makanan Untuk Kesehatan Jantung Anda yang bisa Anda jadikan pilihan baik untuk camilan, sarapan pagi, makan siang, maupun pelengkap hidangan makan malam Anda. Ingatlah bahwa “apa yang Anda makan, itu berpengaruh bagi tubuh Anda”. Jadi, pilihlah makanan yang terbaik.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar