Efek Menakutkan Alkohol Pada Kesehatan


Senin, 16 Maret 2015
Label:

[Sains Box] Tidak perlu dipertanyakan lagi bahwa alkohol memang memiliki dampak buruk pada kesehatan Anda. Meski dalam beberapa hal, alkohol yang baik, seperti: anggur, misalnya, memang telah terbukti bisa membantu jantung Anda. Namun, dalam sisi yang lain, ada hal buruk yang lebih menakutkan daripada sisi baiknya.

Bahkan perlu dicatat, efek alkohol yang menyerang kesehatan bukan hanya berlaku untuk para pecandu alkohol selama puluhan tahun saja, melainkan mereka yang baru bersentuhan pertama kali pun akan terkena dampaknya.

Efek Menakutkan Alkohol Pada Kesehatan

Baca Juga:

Nah, sekedar menambah wawasan kita tentang alkohol, berikut ini cara alkohol mempengaruhi kesehatan tubuh kita:

1. Sistem kekebalan tubuh

Memang ada yang bilang, dengan mengonsumsi alkohol tidak berlebihan dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tapi di luar itu, dan terutama ketika terjadi penyimpangan menggunakan alkohol, justru akan menekan kemampuan tubuh Anda dalam melawan penyakit. Bahkan hanya satu malam saja Anda minum banyak akan dapat menyakiti sistem kekebalan tubuh; mabuk setidaknya sebagian hasil dari sistem kekebalan tubuh Anda yang tidak seimbang.

2. Infertilitas (kesuburan)

Kita semua tahu bahwa ibu hamil harus berhenti meminum alkohol meskipun hanya sebotol saja, bahkan sebisa mungkin harus menghindari hal-hal tersebut. Penelitian telah menunjukkan bahwa wanita yang memiliki lebih dari dua botol minuman beralkohol per hari dapat menurunkan kesuburan mereka dengan hampir 60 persen. Tapi jangan salah, ini juga berlaku untuk Pria, sebab alkohol dapat mempengaruhi kesuburan pria juga.

3. Tidur

Minum berlebihan tampaknya seperti resep mudah untuk cepat tertidur. Namun, beberapa penelitian telah menghubungkan alkohol terhadap masalah kurang tidur. Penggunaan alkohol membuat sulit bagi tubuh Anda untuk memasuki tidur, siklus tidur yang terjadi sekitar enam kali pada malam hari. Jika Anda tidak mendapatkan cukup tidur, Anda mungkin akan terbangun dengan rasa lelah.

4. Kanker

Bukan hanya kanker hati yang peminum berat perlu khawatirkan. Namun, juga tenggorokan, oesophagus, usus besar dan kanker payudara semuanya telah dikaitkan dengan alkoholisme. Itu mungkin, tapi tidak pasti, bahwa kanker pankreas juga terkait dengan konsumsi alkohol. Mungkin tidak mengherankan jika penyalahgunaan alkohol dapat menyebabkan kanker, meskipun menggunakannya tidak berlebihan, tetap saja meningkatkan risiko untuk beberapa jenis kanker, terutama kanker payudara pada wanita. Ingat, jika Anda merasa peminum yang tidak berlebihan, pastikan juga untuk mendapatkan cukup folat dalam diet Anda, sebab hal ini dapat membantu menurunkan resiko terkena kanker payudara.

5. Masalah Jantung

Alkoholisme dapat memiliki dampak besar pada sistem kardiovaskular Anda. Alcoholics memiliki serangan jantung lebih banyak dan juga tekanan darah yang tinggi. Peminum berat sesekali juga berada pada risiko lebih besar terkena kolesterol tinggi. Namun, untuk minuman anggur yang tidak berlebihan, misalnya segelas sehari, tampaknya memiliki dampak yang sedikit baik pada kesehatan jantung secara keseluruhan. Tapi terlalu banyak minum, terutama selama jangka waktu yang panjang, justru akan menyebabkan peningkatan risiko terhadap sejumlah masalah yang berhubungan dengan jantung.

6. Kebiasaan Anak

Penggunaan alkohol yang berlebihan tidak hanya berdampak bagi Anda - itu juga dapat berdampak pada anak-anak Anda. Penelitian demi penelitian telah menemukan bahwa alkoholisme, setidaknya sebagian, berpengaruh pada generasi. Sedikit kurang dari setengah anak-anak pecandu alkohol tumbuh menjadi pecandu alkohol sendiri, empat kali lebih banyak dari populasi umum. Anak-anak pecandu alkohol lebih mungkin mengalami depresi, cemas, dan mengalami kesulitan perilaku.

7. Kulit yang buruk

Kulit Anda membutuhkan air untuk tetap sehat, dan alkohol justru menyebabkan dehidrasi tubuh. Air mencapai kulit Anda setelah mencapai seluruh organ tubuh Anda, namun penggunaan alkohol yang berlebihan dapat menyebabkan kulit kering. Vitamin A juga habis oleh alkohol, serta nutrisi yang membantu memperbarui sel-sel kulit Anda akan terpengaruh, hasil akhirnya sudah bisa dipastikan kulit Anda akan tampak lebih buruk.

8. Rambut Rontok

Meskipun rambut rontok biasanya merupakan hasil dari genetika atau stres, penyalahgunaan alkohol juga dapat memainkan peran. Hal ini karena minuman keras dapat mengurangi jumlah seng, asam folat dan vitamin B juga C, serta meningkatkan jumlah estrogen dalam tubuh Anda. Faktor-faktor tersebut jika digabungkan dapat membuat rambut Anda rapuh, mudah rontok dan kusam.

Nah, apakah Anda masih ingin terus menjadi peminum alkohol? Atau Anda lebih sayang terhadap tubuh Anda? Tentukan dari sekarang ! Sebelum semua terlambat.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar