Kelemahan Uji Laboratorium DNA Forensik Ditemukan


Rabu, 14 Oktober 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Tes DNA telah lama dianggap sebagai alat forensik yang sangat handal yang telah terbukti sangat berharga dalam mengungkap kasus investigasi kriminal yang tak terhitung jumlahnya, namun bagaimana ceritanya jika ternyata tes DNA tidak akurat lagi?

Otoritas hukum di Texas telah mengidentifikasi adanya kesalahan yang mengkhawatirkan dalam laboratorium analisis DNA.

Baru-baru ini, Pejabat di Komisi Ilmu Forensik Texas menemukan bahwa hasil tes laboratorium forensik telah menunjukkan ketidakakuratan manakala menggunakan protokol lama dalam menganalisis sampel DNA.

Kelemahan Uji Laboratorium DNA Forensik Ditemukan

Baca Juga:

Dalam satu kasus misalnya, DNA yang diambil dari TKP dianggap memiliki jutaan peluang untuk satu kepastian yang cocok terhadap tersangka. Ketika tes DNA yang sama dilakukan lagi dengan protokol baru, ternyata hal ini berubah menjadi probabilitas 30:1, dan ini hasil yang sangat jauh berbeda.

"Kita harus kembali mengidentifikasi kasus-kasus yang terlibat campuran DNA di mana laboratorium mungkin telah memberikan hasil yang salah," kata jaksa Galveston, Jack Roady. "Ini akan menjadi tugas Hercules, tapi kami akan melakukannya."

"Fakta bahwa ilmu ini tidak mungkin telah dilakukan dengan benar di masa lalu memberi kita jeda yang besar."

Masalah ini tampaknya berhubungan terutama untuk laboratorium yang telah menggunakan pengujian kit untuk mengekstrak jejak kecil DNA dari TKP. Sementara ini tidak masalah, banyak dari laboratorium yang telah menganalisis temuan mereka menggunakan metode usang yang tidak benar-benar cocok untuk mendapatkan hasil yang akurat karena sampelnya yang lemah.

Kelemahan Uji Laboratorium DNA Forensik Ditemukan

Tidak jelas berapa banyak kasus yang mungkin telah terpengaruhi oleh masalah ini, yang menjadi pertanyaan adalah apakah pengujian DNA akan tetap menjadi alat forensik yang baik dan tepat? Atau adakah pilihan lain? Lalu, bagaimana dengan tim forensik di negara kita? Apakah juga perlu ditata ulang seperti yang dilakukan oleh Texas?

Ini merupakan pelajaran berharga bagi kita semua. Bahwa cacat itu pasti ada dalam sesuatu yang dianggap sempurna.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(npr)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar