'The Day After Tomorrow' Bisa Menjadi Kenyataan?


Senin, 12 Oktober 2015
Label:

[Sains Box] Anda tahu film Sci-Fi yang berjudul 'The Day After Tomorrow'? Sebuah film yang menceritakan bencana terbesar yang terjadi menimpa umat manusia sehingga merubah permukaan bumi. Film hit pada tahun 2004 yang disutradarai oleh Roland Emmerich ini merupakan film yang menceritakan bencana iklim apokaliptik mulai dari tornado yang merobek Los Angeles hingga terjadinya pendinginan ekstrim dan awal zaman es baru.

Menurut Sybren Drijfhout, seorang profesor di University of Southampton, skenario bencana yang ada pada film tersebut sepertinya benar-benar bisa menjadi kenyataan.

The Day After Tomorrow Bisa Menjadi Kenyataan?
sumber gambar

Baca Juga:

Dalam studi baru, Drijfhout berpendapat bahwa jika pemanasan global terjadi terus-menerus selama beberapa dekade berikutnya kemudian meruntuhkan arus laut hangat di Atlantik, hal yang sama yang menyebabkan belahan bumi utara membeku dalam cerita film, itu mungkin benar-benar dapat menjadi sebuah kemungkinan yang realistis.

Suatu kondisi yang dikenal sebagai AMOC (Atlantic meridional overturning circulation) sangat penting untuk membantu menjaga musim dingin yang lebih ringan dan menjaga agar suhu tidak turun dengan cepat.

"Planet bumi dapat pulih dari runtuhnya AMOC membutuhkan waktu sekitar 40 tahun ketika pemanasan global terus menerus pada tingkat masa kini, tapi area dekat dengan batas timur Atlantik Utara (termasuk Kepulauan Inggris) membutuhkan lebih dari satu abad sebelum suhu kembali normal," kata Drijfhout.

The Day After Tomorrow Bisa Menjadi Kenyataan?
Bencana banjir. sumber gambar

Apakah hal seperti itu mungkin dapat benar-benar terjadi? Memang hanya waktu yang bisa menjawabnya. Namun melihat dari kondisi pemanasan global yang terus-menerus seperti ini, kemungkinan tersebut menjadi jauh lebih besar. Atau setidaknya kita harus benar-benar memberikan kesadaran kepada seluruh dunia, untuk dengan segera mengatasi penyebab pemanasan global ini. Demi menyelamatkan bumi kita tercinta.

Save Our Planet !!!


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar