Rotasi Bumi Melambat, Waktu Bertambah 1 Detik


Selasa, 30 Juni 2015
Label:

[Sains Box] Otoritas waktu dunia sedang mempersiapkan untuk menambahkan 'leap second' atau lompatan detik untuk jam dunia tepat di tengah malam 30 Juni 2015 ini. Esok hari tepat ketika tanggal 30 Juni berganti ke tanggal 1 Juli akan mengalami lompatan detik. Lompatan ini secara resmi akan ditambahkan ke jam dunia sehingga ketika waktu yang seharusnya menunjukan pukul 11:59:59 akan bertambah 1 detik menjadi 11:59:60 sebagai transisi dari satu hari ke hari berikutnya.

Rotasi Bumi Melambat, Waktu Bertambah 1 Detik

Baca Juga:

"Rotasi Bumi secara bertahap melambat sedikit, sehingga lompatan detik adalah cara untuk menjelaskan hal itu," kata Daniel MacMillan dari NASA’s Goddard Space Flight Center di Maryland.

Sebenarnya bukan baru kali ini saja rotasi Bumi melambat, terakhir kali lompatan detik juga pernah ditambahkan tepat tiga tahun yang lalu pada tanggal 30 Juni 2012.

Diharapkan, fenomena transisi lompatan detik ini tidak akan menjadi hambatan yang serius, namun kemungkinan beberapa sistem komputer akan mengalami kesulitan teknis karena perubahan tidak konvensional dalam waktu.

Rotasi Bumi Melambat, Waktu Bertambah 1 Detik

"Ada konsekuensi dari bermain-main dengan waktu," kata ilmuwan peneliti Peter Whibberley.

"Karena detik kabisat hanya diperkenalkan secara sporadis sulit untuk menerapkannya dalam komputer dan kesalahan dapat menyebabkan sistem gagal sementara."

Penjelasan mendalam tentang seluruh konsep lompatan detik ini dapat dilihat pada video berikut ini:

LIHAT VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar