Penyebab Sering Merasa Lelah di Musim Panas


Senin, 29 Juni 2015
Label:

[Sains Box] Musim panas seringkali menyebabkan banyak hal-hal yang mempengaruhi kesehatan tubuh kita. Mulai dari panas dalam, tenggorokan kering, sariawan, batuk atau sesak napas karena debu, alergi kulit, masalah rambut, serta gangguan kesehatan lainnya.

Satu hal yang paling dirasakan oleh tubuh kita adalah cepat merasa lelah. Apalagi jika kita kurang minum cukup air. Nah, sekedar pengetahuan untuk kita, berikut ini beberapa faktor penyebab kita sering merasa lelah di bulan-bulan musim panas yang mungkin tanpa kita sadari sebelumnya.

Apa sajakah itu?

Penyebab Sering Merasa Lelah di Musim Panas

Baca Juga:

1. Tidak minum cukup air

Seperti yang saya singgung di atas, kurang minum air, apalagi ketika suhu naik, maka kelenjar keringat akan semakin menghasilkan lebih banyak keringat, hal ini sebagai cara untuk mempertahankan suhu tubuh tetap normal. Menurut Institute of Environmental Medicine, pastikan Anda minum cukup air selama bulan-bulan musim panas, terutama jika Anda secara teratur berolahraga di luar ruangan, sedikit dehidrasi dapat menyebabkan kelelahan, kesulitan berkonsentrasi, dan kemurungan. Mereka merekomendasikan sekitar 91 ons air setiap hari untuk wanita, dan 125 ons untuk pria.

2. Terkena AC berlebihan

Jika kantor Anda menggunakan AC secara berlebihan sepanjang musim panas, alangkah baiknya Anda membawa sweater yang nyaman untuk dipakai di kantor. Tubuh Anda bekerja keras untuk menghasilkan panas ketika Anda berada dalam ruangan yang dingin, sehingga hal ini dapat menguras energi dan menyebabkan Anda merasa lelah. Matikanlah AC ketika malam hari, menurut ahli mengatakan suhu sekitar 65 derajat Fahrenheit adalah suhu yang optimal untuk tidur nyenyak. Terlalu hangat (di atas 75 derajat) akan membuat Anda menjadi gelisah pada malam hari, sehingga mengantuk keesokan harinya.

3. Menghabiskan terlalu banyak waktu di kolam renang

Ini bukan hanya masalah klorin yang akan menggoreng rambut Anda di musim panas, namun klorin juga dapat mempengaruhi sinus dan paru-paru, sehingga menimbulkan kelelahan. Dan jika Anda berenang untuk beberapa putaran, daya tahan ekstra dan ketegangan pada otot-otot Anda akan lebih membuat Anda semakin kelelahan.

4. Jadwal tidur yang konsisten

Ketika Anda disibukkan dengan segala macam kegiatan sehari-hari Anda dan hal itu membuat Anda tidak dapat tertidur secara normal, maka jadwal tidur yang tidak menentu tersebutlah dapat menguras energi tubuh Anda sepanjang hari, membuat Anda merasa pusing dan selalu mengantuk, bahkan hal ini pun tetap terjadi meskipun Anda tertidur dalam jumlah jam yang normal. Maka, mulailah dengan menetapkan jadwal tidur dan istirahat Anda secara konsisten.

5. Terlalu berlebihan makan buah-buahan musim panas

Salad buah memang menjadi pilihan yang menyegarkan untuk dihidangkan saat sore, tetapi lonjakan gula darah dari semua fruktosa dapat menyebabkan kehilangan energi yang serius setelah Anda memakannya. Harap perhatikan konsumsi buah-buahan Anda yang memiliki indeks glikemik tinggi seperti semangka, nanas, melon, pisang, dan ceri.

------
Cuaca yang panas memang seringkali menimbulkan banyak masalah bagi kesehatan kita, namun jika kita pintar dalam mengatur kelima poin di atas, mudah-mudahan segala permasalahan di musim panas dapat teratasi.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(care2)

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. banyak juga ya mas penyebab lelah dimusim panas,kalo saya sih ga pakai AC, tapi minum air kayanya kurang yah?soalnya saya sariawan nih..

    BalasHapus