Kehancuran Dunia Bisa Terjadi di Tahun 2040


Rabu, 24 Juni 2015
Label: ,

[Sains Box] Ini bukan cerita tentang ramalan kiamat akhir dunia ataupun sejenisnya. Tapi ini tentang prediksi para ilmuwan yang mengamati berbagai aspek kehidupan di dunia ini, mulai dari pangan, jumlah populasi, kekurangan air, gejolak politik, cuaca, dan sebagainya yang diperkirakan akan membuat peradaban di muka bumi ini semakin bergejolak di tahun 2040 nanti.

Para ilmuwan telah memperkirakan bahwa serangkaian peristiwa bencana bisa saja terjadi dalam waktu 30 tahun ke depan. Dalam sebuah laporan baru yang dirilis oleh Lloyds pekan ini, Anglia Ruskin University’s Global Sustainability Institute telah menguraikan prediksi tentang keruntuhan global yang disebabkan oleh makanan dan kekurangan air, kehilangan energi, serta periode ketidakstabilan politik yang berkepanjangan.

Kehancuran Dunia Bisa Terjadi di Tahun 2040
Ilustrasi kehancuran dunia

Baca Juga:

Didukung oleh pemerintah Inggris dan AS, laporan itu ditugaskan untuk tujuan menilai risiko yang terkait dengan kekurangan pangan dan masalah lain selama beberapa dekade mendatang.

"Permintaan global untuk makanan telah meningkat, didorong oleh pertumbuhan yang belum pernah terjadi sebelumnya dalam populasi dunia, yang diperkirakan akan melampaui 9 miliar pada tahun 2050," tulis para penulis laporan.

"Di dorong oleh faktor-faktor tersebut, untuk memenuhi peningkatan permintaan makanan, badan Pangan dan Pertanian FAO (Food and Agriculture Organization) harus menjalankan proyek produksi pertanian global ganda pada tahun 2050 nanti."

Kehancuran Dunia Bisa Terjadi di Tahun 2040
Meningkatnya kebutuhan pangan global

Laporan itu juga memperkirakan peningkatan "intensitas dan frekuensi kejadian cuaca yang ekstrim" seperti banjir, kekeringan dan kebakaran hutan akibat perubahan iklim.

"Hal ini semakin diperparah dengan isu yang berkembang dari kelangkaan air, yang menyebabkan dua-pertiga dari penduduk dunia bisa hidup dalam kondisi stres air pada tahun 2025 nanti."

Kehancuran Dunia Bisa Terjadi di Tahun 2040
Sungai-sungai yang kering

"Peningkatan harga volatile food dan ketidakstabilan politik juga cenderung memperbesar efek guncangan produksi pangan, yang menyebabkan kaskade dampak ekonomi, sosial dan politik di seluruh dunia."

Apakah ini awal dari tanda-tanda kiamat besar? Hanya Tuhan Yang Maha Tahu. Manusia haruslah segera berpikir jernih dalam mengatasi hal ini, serta introspeksi diri terhadap apa yang sudah ia lakukan pada dunia ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. waduh,,2040 aku sudah 50 tahun kalau masih diberi hidup lama ;)

    BalasHapus