Faktor Penyebab Anda Sering Terbangun Tengah Malam


Selasa, 23 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Insomnia biasanya dianggap sebagai gangguan yang membuat sulit bagi orang untuk tertidur. Akan tetapi, perlu diketahui bahwa sebenarnya bukan hanya insomnia saja yang menjadi akar masalah sulit tidur ini, dan pada kenyataannya, banyak juga orang-orang yang tidak mengidap insomnia tetapi mendapatkan sedikit tidur. Hal ini terjadi karena mereka seringkali terbangun di tengah malam.

Apa yang menyebabkan Anda bisa terbangun di tengah malam? Ada sejumlah faktor yang mungkin menjadi penyebabnya. Apa sajakah itu?

Faktor Penyebab Anda Sering Terbangun Tengah Malam

Berikut beberapa faktor yang menyebabkan Anda dapat terbangun di tengah malam, sehingga mengganggu waktu tidur alami Anda.

1. Obat

Obat stimulan dapat mempengaruhi kualitas tidur Anda. Obat yang diresepkan untuk msalah jantung dan tiroid, serta asma juga dapat berdampak pada pola tidur Anda dan dapat menyebabkan Anda terbangun di tengah malam. Jika Anda khawatir tentang kebiasaan tidur Anda, berbicaralah dengan dokter Anda tentang resep obat yang harus Anda minum.

Baca Juga:

2. Kesehatan Mental

Tidak mengherankan, orang-orang yang mengalami stres, depresi dan masalah kesehatan mental lainnya sering merasa sulit untuk tidur dan kesulitan untuk tetap bisa tertidur. Jika Anda tidak memiliki kondisi kesehatan yang mendasarinya lainnya, ada kesempatan baik bahwa apa yang membangunkan Anda di tengah malam adalah karena stres.

3. Terlalu Banyak Tidur siang

Tidur siang sebentar memang bisa baik untuk Anda, tapi terlalu banyak tidur siang, atau terlalu lama, justru akan berakibat pada waktu tidur Anda di malam hari. Di malam hari Anda akan merasa gelisah dan menjadi lebih rentan terbangun di tengah malam. Ini menjadi jelas bahwa tidur siang sesekali sehari memang baik bagi kita semua, tentu, akan tetapi cobalah untuk membatasi tidur siang Anda misalnya hanya untuk 1 jam saja, dan usahakan tidak tidur siang di sekitar pukul 15:00 WIB.

4. Terlalu Banyak Cahaya

Terlalu banyak cahaya dapat mempengaruhi kualitas tidur, sehingga membuat Anda terbangun di tengah malam. Memang, hal ini tergantung pada masing-masing individu, ada yang lebih suka tidur dalam kegelapan, ada juga yang sebaliknya. Jadi usahakan sebisa mungkin Anda mengatur pencahayaan di kamar tidur Anda, sehingga Anda merasa nyaman. Setidaknya tidak terlalu silau ataupun terlalu gelap.

5. Kamar Tidur Anda Terlalu Dingin

Kamar yang nyaman adalah kamar yang terasa sejuk. Jika kamar terasa terlalu dingin, memang dapat membantu Anda tertidur lebih mudah, akan tetapi belum tentu bisa membantu Anda tetap tertidur. Ketika sebuah ruangan terlalu dingin, itu benar-benar dapat menyebabkan Anda terbangun di tengah malam. Idealnya, kamar Anda harus berada pada suhu 65 derajat.

6. Alkohol

Banyak orang menggunakan alkohol untuk bisa tertidur, meskipun hanya dalam jumlah kecil, dan ini benar. Namun, perlu diketahui bahwa menurut penelitian, semakin banyak alkohol yang Anda minum, semakin buruk tidur Anda akan terpengaruh. Alkohol dalam sistem tubuh Anda benar-benar dapat membuat Anda lebih rentan terhadap isu-isu seperti apnea dan sleepwalking. Dan tahap terdalam tidur Anda, umumnya dikenal sebagai REM, dipotong pendek oleh alkohol, yang dapat memiliki implikasi besar terhadap masa istirahat di keesokan harinya. Seberapa sering Anda bangun di tengah malam juga dapat dipengaruhi oleh minuman keras.

7. Mengidap Penyakit Tertentu

Orang yang menderita sakit kronis, seperti masalah kardiovaskular, gangguan saraf, diabetes dan lain-lain sering mengalami terbangun di tengah malam. Jika Anda berpikir masalah tidur Anda berhubungan dengan masalah kesehatan yang mendasari Anda, berbicaralah segera dengan dokter Anda untuk memperbaiki hal ini serta melakukan perawatan pada gangguan spesifik yang tersedia. Orang-orang yang mengalami sakit kronis sering mengalami kesulitan tidur, dan jauh lebih rentan untuk bangun di tengah malam.

8. Usia

Para peneliti tidak cukup menjelaskan mengapa semakin tinggi usia (tua) seseorang, maka semakin sedikit tidur yang dibutuhkan, dan semakin besar kemungkinan Anda bisa terbangun di tengah malam. Wanita yang terkena masalah tidur dengan bertambahnya usia, adalah terutama dengan timbulnya menopause.

-----
Nah, itulah beberapa faktor yang dapat mempengaruhi tidur malam Anda sehingga membuat Anda selalu terbangun di tengah malam.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar