Tanaman Beracun ini Mungkin Ada di Sekitar Rumah


Rabu, 10 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Memiliki pekarangan rumah yang cukup luas seringkali dimanfaatkan untuk membuat kebun. Menanam beberapa tanaman hias di pekarangan rumah akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi lingkungan sekitar rumah.

Namun, adakalanya kita cukup malas untuk mengurus kebun pekarangan rumah kita, sehingga banyak sekali ditumbuhi tanaman-tanaman liar.

Nah, untuk Anda yang senang berkebun ataupun saat ini memiliki rencana untuk melakukan bersih-bersih di pekarangan rumah. Ada baiknya Anda mempelajari beberapa jenis tanaman liar berikut ini, yang mana tanaman liar ini termasuk ke dalam kategori tanaman beracun dan bisa saja tumbuh di pekarangan rumah Anda tanpa Anda sadari. Jika Anda menyentuh tanaman ini bisa menimbulkan gatal-gatal pada kulit ataupun gangguan kesehatan lainnya, bahkan hingga kematian.

1. Azalea

Tanaman Beracun ini Mungkin Ada di Sekitar Rumah

Sulit untuk percaya bahwa tanaman yang cantik dan populer ini bisa beracun, bahkan beberapa orang pun baru menyadari bahwa tanaman ini beracun ketika anjing mereka tidak sengaja telah memakannya.

Kabar baiknya adalah manusia yang terkena sedikit racun dari tanaman ini tidak terlalu berbahaya. Lain halnya dengan hewan peliharaan yang seringkali menjadi korbannya, sebab semua bagian dari tanaman ini adalah beracun, jika tertelan bisa menyebabkan kelumpuhan.

Tanaman Azalea memiliki satu bunga perbatang dengan berbagai macam jenis warna. Bunganya yang mekar akan sangat mencolok sekali bahkan terlihat sangat indah. Sehingga, meskipun sudah diketahui beracun, tidak sedikit juga yang menggunakannya untuk dekorasi. Untuk itu, Anda jangan sampai terkecoh dengan keindahan bunganya, sebab seluruh bagian tanaman ini beracun.

Baca Juga:

2. Poison sumac

Tanaman Beracun ini Mungkin Ada di Sekitar Rumah

Tanaman yang sering disebut dengan nama Poison sumac ini memiliki nama lain sebagai toxicodendron Vernix, yaitu sejenis tanaman semak berkayu atau pohon kecil yang dapat tumbuh hingga 9 meter. Di Amerika Serikat bagian Selatan tanaman ini dikenal dengan nama thunderwood.

Poison sumac berhubungan dengan tanaman Poison Ivy dan Poison Oak. Tanaman ini bisa dengan mudah Anda temukan di berbagai tempat. Meskipun umumnya tanaman ini tumbuh di daerah basah di sepanjang negara timur AS. Akan tetapi belum lama, tanaman ini juga ditemukan di Florida, terutama di semua lahan basah dan lembab.

Ciri-ciri tanaman ini memiliki cabang merah yang keluar dari cabang utama dan buah. Jika Anda tidak sengaja melakukan kontak dengan tanaman ini, maka akan menimbulkan ruam dan lepuh yang muncul di kulit dan akan hilang dalam waktu 14 sampai 20 hari tanpa pengobatan. Jika itu adalah kasus ringan Anda dapat menggunakan kompres dingin untuk menangani gatalnya, jika tidak, anda mungkin perlu mencari produk OTC untuk membantu mengatasi gatal.

Gejala dan pengobatan untuk jenis tanaman Poison Ivy dan Poison Oak, umumnya sama dengan yang ditimbulkan oleh Poison sumac.

3. Water Hemlock

Tanaman Beracun ini Mungkin Ada di Sekitar Rumah

Water Hemlock merupakan tanaman yang sangat beracun dan mematikan yang seringkali membaur dengan tanaman lobak, tumbuh-tumbuhan dan tanaman pangan lainnya. Sehingga banyak orang yang akan mengira tanaman tersebut bukanlah tanaman yang berbahaya, namun disinilah letaknya kita jangan sampai terkecoh, kita harus benar-benar mengetahui dengan jelas apakah tanaman tersebut termasuk tanaman pangan, atau bukan.

Water Hemlock memiliki nama lain sebagai cikuta maculata. Tanaman ini memiliki bunga putih kecil yang tumbuh dalam bentuk payung. Jika ada seseorang yang melakukan kontak dengan tanaman ini, akan menghasilkan kejang parah dan kejang yang harus dikendalikan, jika tidak maka akan menyebabkan kematian dalam waktu 15 menit.

Tanaman ini tumbuh di daerah Pacific Northwest, California dan Southwest dan dapat ditemukan di padang rumput, serta dekat dengan sungai. Jika Anda tinggal di dekat salah satu tempat tersebut maka Anda harus berhati-hati, siapa tahu tanaman ini ada di sekitar rumah Anda. Tidak perlu berpikir panjang lagi, jika Anda bersentuhan dengan tanaman jenis ini, maka Anda harus segera menghubungi medis.

-------------
Itulah ketiga jenis tanaman liar yang beracun dan seringkali ditemukan di sekitar rumah kita. Semoga saja tanaman ini tidak ditemukan di Indonesia. Tapi sepertinya saya pernah melihat salah satu dari jenis tanaman ini ada di daerah saya. Untuk itu waspada lebih baik daripada mengobati. Mencari informasi tentang jenis tanaman beracun juga perlu Anda lakukan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar:

  1. Bunga terompet gan banyak di pegunungan apa lagi di gunung gede di sana di buat tanaman hiat padahal beracun.

    BalasHapus