Waspada, Teh Kembang Sepatu Sebabkan Erosi Gigi


Rabu, 23 September 2015
Label:

[Sains Box] Ada yang tahu kembang sepatu? Kembang sepatu adalah sejenis tanaman semak Asia yang biasa digunakan untuk tanaman hias di daerah subtropis dan daerah tropis. Ternyata kembang sepatu yang memiliki nama latin Hibiscus rosa sinensis L ini dapat digunakan sebagai obat herbal yang efektif mampu menurunkan tekanan darah, sebagai obat hipertensi terkemuka tanpa potensi efek samping termasuk hal yang berkaitan dengan kurangnya kekuatan seperti impotensi. Namun apakah benar kembang sepatu tidak memiliki efek samping?

Perlu diketahui bahwa orang-orang yang makan diet nabati memiliki kesehatan periodontal yang unggul, termasuk jarang terkena penyakit gusi dan tanda-tanda peradangan yang lebih sedikit, seperti pendarahan pada gusi.

Waspada, Teh Kembang Sepatu Sebabkan Erosi Gigi
Kembang Sepatu (Hibiscus rosa sinensis L)

Baca Juga:

Meskipun begitu, tetap saja mereka memiliki dua kali prevalensi erosi gigi, daerah pada gigi yang mana enamel telah menipis karena konsumsi lebih sering dari buah-buahan dan sayuran asam. Oleh karena itu, setelah kita makan sesuatu seperti jeruk, kita harus membasuh mulut kita dengan air untuk membersihkan asam dari gigi kita.

Bagi penggemar teh, harus benar-benar waspada terhadap kandungan yang ada dalam minuman teh yang Anda minum. Apakah benar-benar aman atau justru sebaliknya memiliki efek tertentu bagi kesehatan mulut dan gigi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh para peneliti di sekolah gigi University of Iowa yang telah menguji 25 teh populer yang berbeda, mereka menemukan dua jenis minuman teh dengan pH di bawah 3 (ini berarti mengandung asam seperti jus jeruk atau coca cola), dari kedua minuman teh tersebut, ternyata keduanya mengandung kembang sepatu sebagai bahan utama pembuatannya.

Untuk melihat apakah teh tersebut benar-benar bisa melarutkan gigi, para peneliti mengambil 30 gigi geraham diekstraksi dari orang-orang dan direndam dalam teh yang berbeda. Dan memang, dari lima teh yang diuji, erosi terbesar berasal dari teh yang mengandung kembang sepatu. Para peneliti merendam gigi tersebut dalam teh selama 25 jam penuh, tapi ini sudah mensimulasikan paparan seumur hidup.

Intinya adalah bahwa teh herbal juga bisa berpotensi merusak gigi, diantaranya adalah teh buah dan citrusy seperti kembang sepatu. Untuk meminimalkan potensi erosi, kita harus menggunakan sedotan saat meminumnya, sehingga minuman tersebut tidak menyentuh gigi atau langsung masuk ke dalam tenggorokan. Dan seperti yang saya sebutkan di atas, setelah mengkonsumsi makanan atau minuman asam kita juga harus membilas mulut kita dengan air untuk membantu menetralkan asam tersebut.

Nah, sekarang sudah tahu bukan, bahwa kembang sepatu yang sudah terkenal sebagai obat herbal ternyata memiliki efek yang tidak baik pada gigi. Untuk itu, bagi Anda penggemar minuman teh, lihat terlebih dahulu komposisinya, apakah mengandung ekstrak kembang sepatu atau tidak. Jika iya, maka lakukan trik meminum yang saya sampaikan diatas.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. jika akibat minuman kembang sepatu gigiku jadi erosi, maka banjir akan segera tiba di bantal dan guling kesayangan istriku dong kang

    BalasHapus
    Balasan
    1. kan asik tuh kang, berenang berdua jadinya... hehe :D

      Hapus