Sinyal Radio Asal Galaksi Jauh Berhasil Terdeteksi


Rabu, 08 Juli 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para astronom di Australia telah berhasil mendeteksi sinyal gelombang radio kosmik yang berasal dari galaksi yang jauh. Sinyal terdeteksi oleh Australian Square Kilometer Array Pathfinder (ASKAP), teleskop radio baru yang terletak sekitar 300 km di pedalaman dari Geraldton pantai barat negara itu.

Proyek ini dirancang untuk menemukan dan mendeteksi gelombang radio yang berada di galaksi paling jauh di luar jangkauan deteksi, keberhasilan ini dimungkinkan oleh kecepatan survei cepat dari ASKAP dan sensitivitas yang tinggi.


Baca Juga:

Ini merupakan sinyal terbaru, yang berasal dari galaksi yang dikenal sebagai PKS B1740-517. Sinyal ini sudah berusia lebih dari lima milyar tahun yang lalu dan menunjukkan jejak gas hidrogen dingin, yang menjadi dasar untuk pembentukan bintang baru.

Temuan ini sangat menggembirakan dan membuka pintu untuk lebih banyak penemuan lagi di masa depan.

"Kami akan berburu untuk galaksi yang berusia 5 hingga 8 milyar tahun, jangka waktu yang yang mewakili seperlima dari sejarah alam semesta," kata astrofisikawan Elaine Sadler. "Kami ingin belajar berapa banyak galaksi hidrogen di periode ini telah membentuk bintang. Sampai saat ini kami sudah memiliki beberapa alat untuk melakukan itu."

Semoga sukses untuk tim peneliti...

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar