'Jurassic World' Bisa Diciptakan di Dunia Nyata


Senin, 22 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Seorang ahli paleontologi yang bekerja pada film seri Jurassic percaya bahwa kehidupan dinosaurus dalam dunia nyata mungkin akan dapat benar-benar diwujudkan. James Horner, yang menjabat sebagai penasihat teknis untuk semua film 'Jurassic Park' dan menjadi inspirasi kehidupan nyata untuk karakter Dr Alan Grant, telah berpendapat bahwa membawa kembali kehidupan dinosaurus ke dunia nyata mungkin bisa terwujud setidaknya dalam sepuluh tahun mendatang.

Namun, teori yang dipakai tidak seperti di film asli Jurassic Park, ia tidak percaya bahwa menemukan DNA dinosaurus yang terperangkap dalam amber akan menjadi cara yang layak untuk membuat hal ini terjadi sebab hal itu tidaklah mungkin DNA bertahan hidup hingga waktu jutaan tahun tanpa rusak meskipun seberapa baik terawetkan.

Jurassic World Bisa Diciptakan di Dunia Nyata

Baca Juga:

Sebaliknya, ia berpendapat bahwa burunglah yang memegang kunci untuk menciptakan dinosaurus hidup kembali saat ini.

"Ayam dan semua jenis burung membawa potongan yang jauh lebih besar dari DNA dinosaurus daripada kita mencari dan menemukannya dalam catatan fosil," katanya.

Seperti halnya yang sudah dilakukan oleh para ilmuwan bulan lalu yang mengumumkan bahwa mereka telah mampu memutar balik bentuk paruh ayam kembali ke bentuk moncong dinosaurus, dengan cara merusak protein gen yang dimilikinya, ini merupakan langkah besar untuk menciptakan dinosaurus.

"Baru-baru ini tim dari Yale dan Harvard telah berhasil merekonstruksi paruh burung kembali ke bentuk mulut dinosaurus," kata Horner.

"Jadi, kita sebenarnya sudah memiliki dasar untuk mengembalikan lagi bentuk ekor, dan mengubah sayap kembali ke bentuk lengan dan tangan."

Jurassic World Bisa Diciptakan di Dunia Nyata

Berapa lama tepatnya waktu yang dibutuhkan untuk mencapai hal itu, tetap menjadi bahan perdebatan.

"Kami mungkin bisa saja menemukan beberapa gen ini besok atau mungkin membutuhkan waktu 10 tahun lagi," kata Horner. "Itu hanya sebuah prediksi."

Satu pertanyaan pribadi dari saya adalah, “Apakah manusia sudah benar-benar siap untuk bisa hidup berdampingan dengan dinosaurus?” Atau, ini hanya akan menjadi awal dari sebuah malapetaka bagi umat manusia. Semoga para ilmuwan benar-benar memikirkan kembali hal ini sebelum mereka benar-benar bisa menghidupkan kembali dinosaurus.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar