Mitos-mitos Tentang Kacamata Hitam


Senin, 04 Mei 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Saat ini, semakin banyak saja ditemukan orang-orang yang memakai kacamata hitam. Apalagi jika berada di luar rumah. Mungkin sebagian dari mereka memang menggunakan kacamata hitam untuk tujuan tertentu demi melindungi mata dari silaunya terik matahari. Namun, sebagian juga mungkin hanya untuk pelengkap fashion saja.

Perlu diketahui, kulit Anda bukanlah satu-satunya hal yang perlu Anda lindungi dari silaunya matahari, melainkan mata Anda juga. Dan itu, tentu saja, yang Anda perlukan adalah kacamata hitam.

Kacamata hitam atau lebih dikenal dengan sebutan Sunglasses bukanlah hanya semata-mata untuk fashion belaka, melainkan benar-benar dapat membantu menyelamatkan penglihatan Anda. Sederhananya kacamata tersebut berfungsi untuk menutupi mata Anda dari sinar matahari langsung, ini sangat baik dan membantu Anda ketika sedang berada di luar rumah, ditengah lapangan, dan di jalan raya. Memang, ada banyak sekali kesalahpahaman tentang mengapa kita membutuhkan kacamata hitam, yang paling sering adalah orang-orang seringkali menganggap si pemakai kacamata hitam adalah orang yang sok bergaya saja.

Mitos-mitos Tentang Kacamata Hitam

Baca Juga:

Nah, berikut ini, ada sedikit mitos tentang kacamata hitam berkaitan dengan kesehatan:

Mitos 1: Tidak Memakai kacamata hitam Bukanlah masalah yang besar

Kata siapa? Perlu Anda catat, matahari dapat menyebabkan kerusakan serius pada mata Anda, dan kacamata hitam adalah mekanisme pertahanan tunggal yang terbaik. Sebab, ia dapat melindungi mata Anda 99 hingga 100% dari sinar UVA dan UVB yang sangat berbahaya. Lapisan luar mata Anda dapat terbakar banyak seperti kulit Anda. Beberapa jam di bawah sinar matahari tanpa kacamata dapat membuat mata Anda sulit beradaptasi dengan kegelapan, dan dapat mengganggu kemampuan Anda untuk mengemudi di malam hari setelah Anda meninggalkan pantai. Akhirnya, kerusakan akibat sinar matahari berkepanjangan justru dapat menyebabkan katarak, pertumbuhan kanker jinak, dan bahkan kanker kulit pada kelopak mata. Orang yang sering terpapar sinar cahaya putih matahari pada kulit mata lebih beresiko terkena kanker dan penyakit mata lainnya. Alasan lain mengapa Anda harus memakai kacamata hitam? Adalah bahwa kacamata hitam akan membantu menunda perkembangan kerutan di sekitar mata Anda!

Mitos 2: Semua Sunglasses Diciptakan Sama

Tentu tidak sama. Namun, untuk satu hal ini, saat ini tidak ada standar di tempat untuk manufaktur atau pelabelan kacamata hitam. Baik harga maupun warna lensa mengatakan tentang efektivitas mereka yang baik. Jadi apa yang dapat Anda lakukan? Carilah kacamata hitam yang menawarkan 99-100% perlindungan UVA / UVB. Lensa terpolarisasi adalah pilihan yang bagus bagi kebanyakan orang, dan lensa polycarbonate yang besar untuk penggemar olahraga. Namun taruhan terbaik adalah untuk berkonsultasi dengan dokter mata Anda, kacamata apa yang terbaik sesuai dengan kebutuhan Anda dan gaya hidup Anda.

Mitos 3: Anda Hanya Perlu Sunglasses Saat Hari Cerah

Ini jelas tidaklah benar. Sama seperti Anda yang memakai tabir surya pada hari berawan, maka Anda juga harus mengenakan kacamata hitam bahkan ketika matahari tidak bersinar. Bagaimana pun cuaca saat itu, apa pun musim saat ini, mengenakan kacamata hitam setiap kali Anda menghabiskan waktu di luar rumah adalah yang terbaik.

Mitos 4: Sunglasses Satu-satunya Cara untuk Melindungi Mata Anda Dari Matahari.

Jelas sekali ini tidak benar. Meskipun Anda tidak dapat menerapkan tabir surya secara langsung di mata Anda, Anda dapat menaruh beberapa di kelopak mata Anda dan daerah secara langsung di sekitar mata Anda. Topi bertepi lebar juga bisa membantu menjaga sinar matahari dari mata Anda. Jika Anda bisa, cobalah untuk menghindari pergi ke luar pada jam matahari puncak yaitu pukul 10:00-02:00. Jadi banyak cara kok untuk melindungi mata dari sinar matahari, asalkan kita tahu caranya. Jadi Anda tidak hanya bergantung pada satu pilihan, yaitu kacamata hitam.

Semoga pengetahuan ini bisa lebih membuat Anda waspada terhadap efek dari sinar UVA dan UVB yang berbahaya.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

3 komentar:

  1. ya bner mas, saya juga sering pake kacamata hitam kalo lagi ke pantai, dipantai kan matahari terik sekali.jadi buat menjaga mata..

    BalasHapus
  2. Yang paling penting emang pakai kacamata hitam yang ada protection UVnya, kalo saya sih pake kacamata hitam dari Polette, semua lensanya uda ada UV400nya

    BalasHapus