NASA Tak Sengaja Temukan Kecepatan 'Warp'


Kamis, 30 April 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] NASA Tak Sengaja Temukan Kecepatan 'Warp'

Anda ingat dengan film-film fiksi ilmiah seperti Star Trek? Dalam film itu seringkali dijumpai istilah “warp” yang digunakan oleh pesawat untuk melesat cepat melebihi kecepatan cahaya. Ide perjalanan lebih cepat dari cahaya telah menjadi salah satu kebutuhan pokok terbesar dalam fiksi ilmiah selama genre akhir-akhir ini. Ide perjalanan ke planet lain dengan teknologi terestrial tampaknya mustahil karena membutuhkan waktu yang lama, akan tetapi, dengan kekuatan yang lebih cepat dari perjalanan cahaya, bergerak dari planet ke planet hanya membutuhkan waktu yang sekejap saja.

Siapa yang tidak ingin pergi melalui galaksi, menemukan dan mengunjungi berbagai planet yang berbeda? Sayangnya, ilmu pengetahuan belum berbuat banyak untuk mendorong mimpi manusia untuk mewujudkan perjalanan mengunjungi seluruh galaksi.

Baca Juga:

NASA Tak Sengaja Temukan Kecepatan Warp

Sebagian besar komunitas ilmiah percaya bahwa perjalanan lebih cepat dari cahaya secara fisik tidaklah mungkin, dan tidak peduli materi, mempercepat sesuatu dalam kecepatan itu sepertinya tidak bisa terjadi. Namun, ada juga orang-orang yang percaya bahwa perjalanan lebih cepat dari cahaya itu bisa saja menjadi mungkin, dan satu tim dalam NASA mungkin hanya pernah tersandung ke dalamnya.

Sebuah tim di NASA mungkin tidak sengaja berhasil mempercepat partikel lebih cepat dari kecepatan cahaya saat menggunakan resonansi ruang EmDrive, yang pada dasarnya, jika temuan mereka itu diubah menjadi akurat, maka mungkin saja tim NASA tersebut telah berhasil menemukan perjalanan yang lebih cepat dari cahaya.

Untuk memperjelas hal ini, resonansi ruang EmDrive adalah metode yang diusulkan propulsi antarbintang: pada dasarnya, ini bisa berakhir menjadi sebuah mesin untuk perjalanan angkasa yang digunakan masa depan. Keuntungan menggunakan alat tersebut sangat banyak, selain bertenaga listrik, fitur bagian yang bergerak dan tidak memerlukan bahan bakar lagi untuk bergerak. Jika itu berakhir bekerja seperti yang direncanakan, maka ada kesempatan baik bahwa itu bisa menyebabkan generasi baru sebuah mesin yang kita impikan selama ini.

NASA Tak Sengaja Temukan Kecepatan Warp

NASA saat ini sedang mempelajari teknologi untuk aplikasi masa depan, tetapi hanya sedikit diharapkan hal seperti ini terjadi: menurut sebuah posting di forum NASA Space Flight, ketika tim peneliti menembak laser ke dalam ruang resonansi, menyebabkan partikel dipercepat untuk memperoleh kecepatan astronomi ... dengan beberapa partikel yang bergerak lebih cepat dari kecepatan cahaya.

"... pola interferensi pada EmDrive terlihat seperti gelembung warp. Dan matematika di balik gelembung warp tampaknya cocok dengan pola interferensi yang ditemukan di EmDrive."

Jadi, apa artinya ini? Nah, itu mungkin bahwa NASA hanya menciptakan 'bubble warp', "- sementara itu hal ini terdengar seperti sesuatu episode buruk dalam Star Trek, namun bisa juga menyebabkan kemajuan besar dalam teknologi perjalanan ruang angkasa. Bepergian jarak antara Bumi dan planet tetangga kita Mars masih satu arah perjalanan menggunakan metode konvensional, tetapi jika EmDrive mampu menciptakan sesuatu yang nyata seperti warp bubble stabil dan lebih cepat dari perjalanan cahaya, maka tidak ada lagi hal yang tidak mungkin.

Apakah dengan begitu kita akan berhasil mewujudkan perjalanan antar bintang kelak di masa depan? Mudah-mudahan saya masih diberi umur panjang jika hal itu benar-benar terwujud.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:




FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

10 komentar:

  1. orang-orang sibuk menerawang masadepan dengan teknologi.kalo saya mah santai saja sambil ngopi :D

    BalasHapus
  2. kalau melakukan sebuah perjalanan lebih cepat dari cahaya bikin ringsek tubuh gak ya :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti abiz bro badan kta.. melaju melebihi kecepatan suara saja seperti pesawat jet bsa pingsan... jadi dalam peswat ruang angksa tersebut harus di lengkapi dengan grafitasi buatan di dalamnya ... supaya bisa melaju dengan kecepatan cahaya tanpa adanya gaya tarik yg kuat saat melaju dengan kecepatan tersebut

      Hapus
    2. Setuju bgt dgn sobat Kariz (^_^)b

      Hapus
  3. Semoga saja cepat tercapai,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. ga sabar ya sob pengen ikut menjelajah angkasa :)

      Hapus
  4. Dalam Islam perjalanan melebihi kec cahaya maupun suara sdh pernah dibuktikan oleh Rasullullah dg perjalanan isra mi'raj namun sbg manusia yg terikat sunatullah (hukum alam) tentu Rasulullah di lengkapi berbagai fasilitas yg memungkinkan utk perjalanan ajaib tersebut ditinjau dari segi IPTEK maupun Iman plus izin dan kehendak Allah SWT
    Utk manusia biasa Allah menyebut kemungkinan bisa asal dpt mengerahkan segala sumber daya manusia yg menghasilkan kekuatan utk mengarungi semesta ciptaan_Nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wow, suka sekali dgn penjelasannya, yup, manusia hanyalah bs berusaha menjadi lbh baik, toh tentunya yg menentukan hanya Allah semata.

      Hapus
  5. Sayangnya itu baru sekedar uji coba di laboratorium ya, coba kalo benar bisa membuat kendaraan yang bisa melebihi kecepatan cahaya, dari bumi ke mars hanya beberapa menit saja. Tahu tahu nabrak planet mars karena remnya blong saking cepatnya..😂😂😂

    BalasHapus

Berkomentarlah yang baik dan sopan. Dilarang meninggalkan jejak link hidup maupun iklan promosi di kolom komentar. Silahkan hubungi Admin jika ingin bekerjasama dalam hal iklan. Terima kasih.