Tips Hilangkan Sakit Otot dalam 10 Menit


Rabu, 11 Maret 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Memang, olahraga memiliki manfaat yang luar biasa, namun seringkali saat berolahraga kita mengalami sedikit cedera pada otot. Cedera ini jika tidak segera diobati akan menimbulkan rasa sakit yang teramat sangat. Sebab, saya pernah mengalaminya sendiri.

Meskipun banyak obat pereda rasa sakit yang bekerja secara cepat, misalnya saja ibuprofen yang sudah dikenal bisa meredakan sakit dalam waktu yang cepat, namun semua obat-obatan sejenis ini, pasti ada efek sampingnya.

Tips Hilangkan Sakit Otot dalam 10 Menit

Para ilmuwan menyarankan cara pengobatan alternatif yang bebas obat-obatan kimia, yaitu dengan cara melakukan pijat 10 menit sebagai penggantinya.

Seperti yang sudah dilakukan oleh para peneliti di Universitas McMaster di Kanada menemukan bahwa pijat 10 menit dapat mengaktifkan gen-gen tertentu yang mengurangi peradangan dan mempercepat penyembuhan.

Baca Juga:

Penelitian ini dilakukan pada 11 pemuda, yang mendaftar untuk mengobati titik-titik kelelahan yang mereka rasakan saat berolahraga. Dalam penelitian tersebut, mereka diharuskan menaiki sepeda stasioner, dan ketika mereka benar-benar lelah, mereka diberi 10 menit pijatan Swedia dengan satu kaki, sementara kaki yang lain tidak tersentuh. Mereka juga meneliti biopsi yang diambil dari otot kaki mereka sebelum dan setelah latihan, segera setelah dipijat dan dua setengah jam kemudian.

Disini para peneliti melihat perubahan yang luar biasa di tingkat molekuler pada otot-otot sakit yang dipijat. Nampak tingkat peradangan yang menyebabkan protein sitokin semula mendidih kini mulai menurun. Pembentukan mitokondria baru, energi tubuh yang meningkat. Bahkan, manfaat yang sama dengan yang Anda dapatkan dari obat penghilang rasa sakit, tapi tentu saja, tidak ada efek samping.

"Sebagai terapi non-obat, pijat memiliki potensi untuk membantu atlet tidak hanya otot tulang yang lelah tetapi juga kondisi peradangan kronis yang terkait, seperti arthritis atau distrofi otot," kata Justin Crane, seorang mahasiswa doktor di Departemen Kinesiology di McMaster.

So, siapa yang mau dipijat, angkat tangannya... ^_^ hehe

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

2 komentar:

  1. Pemijatan yang dilakukan selama 10 menit boleh pakai balsem kali ya mas...? Terima kasih informasinya mas....

    BalasHapus
  2. @Uda Awak: Kalo menurut saya sih mas, balsem itu bukan utk dipake pijat mas, cukup diolesin aja kali.. pijat lbh baik pake minyak mas

    BalasHapus