Cara Meringankan Stres dalam 10 Menit


Minggu, 01 Februari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Akhir-akhir ini, banyak sekali orang-orang yang mengalami stres, mungkin pemicunya beraneka ragam, mulai dari masalah di rumah hingga permasalahan yang ada di dunia kerja. Pekerjaan yang menumpuk serta kesibukan yang melelahkan apalagi jika pekerjaan Anda membutuhkan pikiran yang berjalan, sudah dipastikan jika Anda tidak tahan, maka Anda akan terkena stres.

Jika kondisi ini didiamkan, efeknya akan berpengaruh terhadap kesehatan Anda. Untuk itu, secepat mungkin Anda harus menyingkirkan stres Anda.

Lalu, bagaimana caranya?

Cara Meringankan Stres dalam 10 Menit

Baca Juga:

Sebenarnya, stres dapat diringankan dengan cara melakukan refreshing atau jalan-jalan menikmati pemandangan yang hijau. Atau bisa juga dengan mengikuti latihan di gym. Namun, jika Anda tidak memiliki waktu untuk melakukan itu semua, cobalah tips berikut ini, yang konon katanya dapat meringankan stres dalam waktu 10 menit atau pun kurang.

1. Memeluk seseorang.

Pelukan adalah penghilang stres yang sangat baik. Hal ini dapat melepaskan oksitosin, hormon yang mempromosikan relaksasi, kepercayaan, dan kasih sayang. Bagian yang terbaik adalah, ketika Anda memeluk anggota keluarga Anda ataupun teman, lebih-lebih jika Anda memeluk pasangan Anda. Dengan cara simple ini, Anda akan dapat menghilangkan stres pada saat itu juga.

2. Hewan peliharaan

Anda punya hewan peliharaan? Jika iya, maka bermain-mainlah dengan peliharaan Anda. Hewan peliharaan konon katanya bisa meningkatkan kadar serotonin dan dopamine, neurotransmitter yang memiliki sifat menenangkan. Sebuah artikel dalam situs HelpGuide mencatat berbagai manfaat kesehatan pemilik hewan peliharaan, termasuk menurunkan tekanan darah dan mengurangi depresi. Membelai, memegang dan memeluk hewan peliharaan Anda dengan penuh kasih dapat dengan cepat menenangkan pikiran Anda yang sedang stres.

3. Mengambil nafas

Jika Anda tidak punya waktu untuk melakukan meditasi yang berjam-jam, maka cobalah teknik pernapasan "4-7-8", caranya: Duduk di kursi atau di lantai dengan punggung lurus. Tarik napas sampai hitungan 4, menahan napas untuk hitungan 7, lalu buang napas untuk hitungan 8. Ulangi ini selama lima menit. Aku sudah mencobanya sendiri dan bekerja dengan baik. Ini merupakan salah satu teknik juga dalam yoga.

4. Bernostalgia

Cara ini pada dasarnya adalah permainan pikiran yang mana melibatkan diri Anda ke dalam sebuah momen tertentu yang membahagiakan, sehingga dapat menghilangkan pikiran stres Anda. Anda dapat melakukan antisipasi dengan menantikan acara yang positif. Atau Anda bisa bernostalgia (membawa pikiran Anda kembali ke masa lalu dalam sebuah peristiwa menyenangkan, sehingga menghidupkan kembali perasaan positif Anda).

5. Kosongkan otak Anda

Pikiran dan emosi negatif dapat membangun stres, kepala Anda akan terasa seolah-olah ingin meledak. Sehingga ujung-ujungnya, Anda akan melepaskan kemarahan Anda. Untuk itu, kosongkanlah otak Anda, jangan berpikir yang macam-macam, sehingga dengan mengosongkan pikiran Anda maka dengan cepat Anda akan membaik.

Intip Juga:

Kelima cara diatas adalah cara yang mudah dan cepat yang dapat Anda lakukan untuk meringankan stres yang Anda rasakan. Dengan meredakan stres secara cepat, maka risiko kesehatan yang buruk pun dapat Anda cegah. Ingatlah, berpikiran positif itu lebih baik daripada Anda terus-menerus berpikiran negatif yang pada akhirnya Anda akan kalah dengan emosi yang kemudian berujung dengan melakukan hal-hal yang bodoh, sehingga Anda menyesalinya kemudian.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar