Kopi Panggang, Kopi yang Nyaman di Perut


Rabu, 07 Januari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Apakah minum kopi menyebabkan iritasi di perut Anda atau membuat Anda merasa mulas? Jika ya, Anda tidak sendirian, sebuah penelitian menyebutkan lebih dari 40 juta orang di Amerika dipaksa untuk menjauhi kopi karena masalah ini.

Sebuah studi penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan dari Austria dan Jerman menunjuk ke sebuah solusi sederhana: minumlah kopi yang dipanggang. Studi ini menyatakan bahwa kopi panggang lebih bersahabat dengan perut daripada kopi yang lain, sebab kopi tersebut menghasilkan bahan yang mencegah terbentuknya asam klorida dalam perut.

"Penemuan ini akan membantu banyak orang yang menderita sensitivitas terhadap kopi," ujar Veronika Somoza, Ph.D. dari University of Vienna di Austria, dan Thomas Hofmann, Ph.D. dari Technische Universit√§t M√ľnchen di Jerman, yang melakukan penelitian itu.

Kopi Panggang, Kopi yang Nyaman di Perut

Untuk penelitian ini, peneliti mengambil sel-sel manusia yang mengatur sekresi asam dalam perut dan mereka terkena berbagai jenis kopi: reguler, panggang gelap, ringan, tanpa kafein, dan rendah-asam. Sel-sel yang ditemukan bereaksi secara berbeda terhadap berbagai jenis kopi. Yang mengejutkan adalah reaksi sel terhadap kopi yang panggang gelap, karena menghasilkan jumlah asam yang lebih rendah.

Baca Juga:

Kafein dan dua senyawa tanaman adalah bahan utama yang merangsang produksi asam yang paling berbahaya bagi peminum kopi. Tapi yang menarik, para ilmuwan menemukan senyawa lain yang memiliki efek sebaliknya. Senyawa ini, bernama N-methylpyridinium (NMP), dihasilkan dari biji kopi yang dipanggang. Semakin lama mereka dipanggang, semakin tinggi tingkat NMP dibentuk. Bahkan, kopi panggang gelap ditemukan mengandung hampir dua kali lebih banyak NMP daripada yang lainnya, tergantung pada berbagai biji kopi dan metode pemanggangan.

Para peneliti juga memberikan acungan jempol untuk kopi yang dipasarkan sebagai rendah-asam atau bersahabat di perut, produsen kopi ini biasanya memperlakukan biji kopi mentah dengan uap atau pelarut kimia lainnya, seperti etil asetat dan diklorometana, sebelum memanggangnya, dan penelitian menemukan bahwa metode tersebut tidak sebenarnya menurunkan kadar senyawa penghasil asam.

Jadi, mulai sekarang jika Anda seorang penikmat kopi, pilihlah kopi panggang. Agar bersahabat dengan perut Anda.





sign


Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar