Cara Melepaskan Diri dari Lubang Hitam (Black Hole)


Rabu, 26 Agustus 2015
Label:

[Sains Box] Anda pasti sudah mengetahui apa itu lubang hitam (black hole)? Konon katanya apapun yang masuk ke dalam lubang hitam, tidak akan bisa keluar lagi. Bahkan ada sebuah pendapat ilmuwan yang mengatakan, mungkin saja lubang hitam merupakan pintu penghubung ke semesta lain. Kini ada sebuah pendapat baru yang dikemukakan oleh Profesor Stephen Hawking, beliau mengatakan bahwa sebenarnya ada cara untuk sesuatu dapat melarikan diri dari lubang hitam.

Seperti yang sudah diketahui sejak lama segala sesuatu yang jatuh ke dalam lubang hitam tidak akan bisa keluar lagi, mengingat gaya gravitasi yang terlibat begitu besar sehingga akan dapat mempengaruhi segala macam peralatan, sistem navigasi, mesin pesawat yang mengakibatkan sebuah pesawat tidak dapat meloloskan diri dari dalam lubang hitam.

Cara Melepaskan Diri dari Lubang Hitam (Black Hole)

Baca Juga:


Namun, fisikawan terkenal di dunia Stephen Hawking telah mengajukan sebuah gagasan bahwa ketika sesuatu jatuh ke lubang hitam itu mungkin bisa melarikan diri dari dalamnya dan keluar lagi dengan selamat.

Para ilmuwan telah lama berspekulasi lebih tepatnya apa yang terjadi ketika materi memasuki lubang hitam. Pada mekanika kuantum satu sisi menyatakan bahwa informasi tersebut tidak dapat dihancurkan, sedangkan di relativitas umum lainnya menyiratkan bahwa hal itu harusnya dapat terjadi. Teka-teki ini pun dikenal sebagai paradoks informasi.

"Saya mengusulkan bahwa informasi disimpan tidak di pedalaman lubang hitam seperti yang sudah diduga, tetapi pada batasnya, cakrawala," kata Hawking dalam sebuah konferensi di Stockholm kemarin.

Cara Melepaskan Diri dari Lubang Hitam (Black Hole)

Informasi ini kemudian bisa dijemput dan dipancarkan kembali keluar dari lubang hitam melalui radiasi Hawking, yaitu sebuah fenomena di mana foton dipancarkan karena fluktuasi kuantum.

Hal ini tidak hanya akan memberikan cara untuk sesuatu dapat melarikan diri dari lubang hitam tetapi juga akan memberikan solusi untuk paradoks informasi yang telah membingungkan para ilmuwan selama ini.

Beliau juga mengatakan, informasi yang dipancarkan dari lubang hitam akan cukup banyak berguna.

"Informasi tentang partikel yang dapat dikeluarkan kembali tersebut hanya saja dalam bentuk yang kacau dan tidak berguna," kata Hawking. "Hal ini dapat memecahkan paradoks informasi. Untuk semua tujuan yang praktis, informasi pun hilang."

Jadi hal ini masih membutuhkan kajian lebih lanjut. Hmm.. kita tunggu saja...

Intip videonya dibawah ini:

NGINTIP VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar