Cara Membasmi Gulma Rumput Jenis Crabgrass


Rabu, 19 Agustus 2015
Label:

[Sains Box] Crabgrass adalah sebutan untuk sejenis rumput liar alang-alang yang seringkali dijumpai ditempat manapun di berbagai negara. Rumput ini memiliki akar yang sangat kuat dan teramat sulit untuk dicabut begitu saja. Rumput ini juga terkadang menjadi gulma bagi tanaman lain. Crabgrass juga seringkali merusak pemandangan di halaman rumah Anda.

Perkembang biakannya yang begitu cepat, membuat rumput liar ini harus segera dibuang dari halaman rumah Anda agar tidak mengganggu tanaman yang lain. Tapi bagaimana Anda bisa membuang crabgrass yang tumbuh di musim panas? Sementara tanah yang keras justru akan mempersulit keadaan jika kita ingin mencabut rumput ini.

Cara Membasmi Gulma Rumput Jenis Crabgrass
Photo credit: www.utahlawncare.net

Baca Juga:


Nah, berikut ini ada beberapa tips tentang cara menyingkirkan crabgrass untuk selamanya, agar tidak tumbuh lagi dan lagi.

Alasan mengapa rumput crabgrass ini harus dibuang

Crabgrass (Digitaria) merupakan rumput yang tumbuh tahunan pada setiap bidang kecil tanah yang agak luas maupun tanah tipis, asalkan mendapat sedikit air dan sinar matahari maka ia akan tumbuh disana. Benih yang dihasilkan musim panas akan berkecambah di akhir musim semi, satu tanaman dapat menghasilkan 150.000 benih, dan dapat bersaing dengan rumput lainnya untuk memperoleh nutrisi. Saat suhu mulai turun, tanaman crabgrass akan mati, namun benih mereka tetap hidup, bekas rumput yang mati akan meninggalkan rongga besar di halaman Anda, yang menjadi tempat utama bagi benih mereka untuk tumbuh di musim semi berikutnya.

Jika Anda mencintai semua makhluk hidup yang besar dan kecil, maka crabgrass tidak akan mengganggu Anda. Meskipun penampilannya yang semakin panjang dan tak sedap dipandang sampai akhir musim panas. Namun bagaimana sebaliknya, ketika Anda menginginkan halaman rumah Anda terlihat rapih ditumbuhi dengan rumput yang seperti karpet, teratur, dan indah, sudah dipastikan kehadiran crabgrass akan memperburuk semua keindahan itu.

Cara Membasmi Crabgrass untuk Selamanya

Caranya adalah dengan menggalinya, karena itulah cara yang terbaik. Jika Anda mencabutnya, kemungkinan hanya akan patah sedikit sedangkan akarnya masih ada dan bisa tumbuh lagi. Gunakan sekop lalu galilah hingga ke ujung akarnya.

Cara Membasmi Gulma Rumput Jenis Crabgrass

Cara lain adalah dengan menggunakan larutan cuka. Campurkan cuka dan air dengan perbandingan sama banyak, lalu semprotkan ke akar rumput crabgrass sehingga ia akan mengering dan mati. Hati-hati agar tidak terkena rumput lain yang ingin Anda jaga, cara ini merupakan cara mudah untuk membunuh rumput crabgrass.

Pencegahan adalah yang Terbaik

Selalu ada pepatah, “mencegah lebih baik daripada mengobati” dalam hal ini, tentunya mencegah lebih baik daripada sibuk memberantas rumput yang keras kepala ini. Crabgrass adalah rumput yang tidak sehat, karena sifatnya yang mengganggu rumput lain. Jadi, sebelum rumput ini menjadi jauh lebih besar, maka Anda kenali benihnya, jika nampak benihnya tumbuh, segera cabut sebelum bertambah besar. Rawat dan sering-seringlah memantau rumput di halaman rumah Anda.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar