Trik Tanaman Karnivora Memikat Kelelawar


Rabu, 15 Juli 2015
Label:

[Sains Box] Suatu jenis yang unik dari tanaman pitcher telah mengembangkan trik baru untuk menarik kelelawar menggunakan reflektor USG. Tanaman Pitcher tradisional mendapatkan nutrisi dengan menjebak dan mencerna serangga, tapi di Kalimantan ada satu varietas tanaman pitcher yang sangat besar telah berhasil menyesuaikan diri dengan memanfaatkan sumber gizi alternatif berkat hubungan yang agak tidak biasa dengan kelelawar.

Dikenal dengan nama Nepenthes hemsleyana, spesies ini masih mampu menangkap serangga, tetapi tidak perlu mengkonsumsi banyak karena ia sudah mendapatkan suplemen asupan gizi tambahan dari kotoran kelelawar.

Trik Tanaman Karnivora Memikat Kelelawar

Baca Juga:

Untuk menarik perhatian kelelawar, tanaman ini telah mengembangkan mekanisme reflektor unik yang mencerminkan komunikasi ultrasonik mereka sehingga membuatnya lebih mudah untuk menemukan kelelawar.

Kelelawar juga mendapat manfaat dari kesepakatan kerja sama ini, sebab tanaman tersebut menyediakan tempat yang sejuk bagi mereka untuk bertengger.

"Dengan struktur ini, tanaman karnivora mampu berdiri keluar dari lingkungan mereka sehingga kelelawar dapat dengan mudah menemukan mereka," kata rekan penulis studi Michael Schöner.

"Selain itu, kelelawar dengan jelas bisa membedakan mitra mereka dari tanaman lain yang mirip dalam bentuknya, tetapi tidak memiliki reflektor yang mencolok."

Penemuan ini membantu menjelaskan mengapa beberapa tanaman pitcher dapat bertahan hidup pada tempat yang memiliki lebih sedikit serangga daripada yang lain.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. Saya kira ketika awal membaca artikel ini, tanaman karnivora ini akan menelan si kelelawar ketika bertengger, ternyata salah, hehe. Jadi, tanaman pitcher bermitra ya dengan kelelawar dan mendapatkan asupan energi dari zat buang si kelelawar. Terimakasih sudah menulis artikel yang bermanfaat ini min. :)

    BalasHapus