Ramuan Obat Alami Untuk Atasi Gigitan Nyamuk


Selasa, 28 Juli 2015
Label: ,

[Sains Box] Nyamuk adalah hewan kecil yang tidak boleh dianggap sepele. Sebab, meskipun kecil, ia terkadang menjadi pembawa penyakit yang paling mematikan di dunia, yaitu Demam Berdarah (DBD). Sudah banyak sekali nyawa yang melayang karena penyakit yang satu ini. Tidak hanya menjangkiti anak-anak saja, bahkan orang dewasa dan usia lanjut pun menjadi korbannya.

Semua itu berawal dari gigitan nyamuk. Lalu melalui gigitan itulah penyakit dapat masuk ke tubuh kita. Untuk itu, kita harus benar-benar waspada terhadap gigitan nyamuk. Umumnya nyamuk muncul di malam hari, namun bagi beberapa nyamuk yang tergolong berbahaya mereka seringnya muncul juga di pagi dan sore hari.

Ramuan Obat Alami Untuk Atasi Gigitan Nyamuk

Baca Juga:

Beberapa orang ada yang tidak bereaksi terhadap gigitan nyamuk sama sekali, tetapi yang lain sangat sensitif. Jika gigitan nyamuk Anda berubah menjadi membengkak, bintik-bintik merah dan gatal, Anda tahu betapa sulitnya menahan dorongan untuk menggaruknya.

Namun, selain dapat diatasi dengan mengoleskan obat penghilang gatal akibat gigitan serangga, ternyata untuk mengatasi gatal gigitan nyamuk bisa juga diatasi dengan obat alami. Apa sajakah itu? Nah, berikut ini obat alami untuk meredam gatal akibat gigitan nyamuk:

1. Membuat tanda X di bekas gigitan
Mungkin ini terbilang cara yang simple dan unik, namun cara ini cukup berhasil untuk meredam rasa gatal akibat gigitan nyamuk dalam waktu sementara. Caranya yaitu dengan membuat tanda silang X di bagian yang terkena gigitan nyamuk. Gunakan kuku Anda untuk menekan barea bekas gigitan sehingga membentuk tanda X. Anda tidak perlu menekan kuat-kuat cukup membuat penyok di kulit yang memang agak sulit. Cara ini adalah solusi jangka pendek. Begitu tanda X memudar, rasa gatal dapat datang kembali.

2. Pasta gigi
Siapa yang menyangka pasta gigi bisa bermanfaat mengatasi gatal akibat digigit nyamuk. Caranya cukup gosokan pasta gigi ke bagian bintik-bintik merah, dijamin rasa gatal akan berkurang. Kenapa hal ini bisa terjadi? Sebab, pasta gigi umumnya mengandung mentol dan baking soda yang dapat memberi efek pendinginan dan anti-inflamasi.

3. Witch hazel
Pasti ada yang pernah mendengar kata “Witch hazel”. Witch hazel bukanlah berarti si tukang sihir tua yang ada dalam tokoh kartun. Melainkan sebutan dari ekstrak tanaman yang asalnya dari Amerika yang dapat digunakan sebagai obat-obatan. Witch hazel dapat mencegah pembengkakan dan menenangkan gigitan merah gatal akibat nyamuk. Gunakan kain atau kapas untuk menerapkan witch hazel pada kulit yang terkena gigitan. Witch hazel juga antiseptik ringan, sehingga dapat membantu menjaga gigitan Anda dari terinfeksi.

Ramuan Obat Alami Untuk Atasi Gigitan Nyamuk
Tanaman Witch hazel

4. Lidah buaya
Lidah buaya ternyata dapat membantu meringankan gatal. Saya suka lidah buaya, sebab tidak seperti pasta gigi. Anda tidak akan meninggalkan residu putih di seprai, pakaian Anda, ataupun sofa. Cukup gosokkan secara bebas dan merata ke area gigitan, dan gatal akan mereda dengan segera.

5. Minyak Pohon Teh
Seperti witch hazel, pohon teh adalah anti-inflamasi dan antiseptik alami. Anda dapat menambahkan beberapa tetes minyak pohon teh ke dalam botol witch hazel Anda atau mencampurnya dengan minyak zaitun atau minyak almond manis. Disarankan agar Anda tidak menerapkan minyak pohon teh secara langsung ke kulit Anda, sebab dapat menyebabkan ruam. Untuk itu lebih baik campurkan ke dalam witch hazel ataupun minyak zaitun dan minyak almond manis.

6. Es Batu
Cara yang terakhir adalah cara yang cukup mudah. Yaitu dengan memanfaatkan rasa dingin yang membekukan dari sebingkah es. Gunakan es batu dan tempelkan pada bagian yang gatal. Cara ini cukup berhasil untuk menumpulkan gatal.

-------
Itulah beberapa cara alami yang dapat Anda gunakan untuk meredam rasa gatal sementara akibat gigitan nyamuk. Tentu saja, obat alami terbaik untuk gigitan nyamuk adalah jangan sampai digigit nyamuk. Jadi sebisa mungkin menghindarlah dari nyamuk. ^_^

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. Kebetulan di tempat saya nyamuknya lagi banyak banget, Soalnya rumah sudah ditinggal lama mudik, Jadi baru di urus kembali. cara mengatasi gigitan nyamuknya bisa saya praktikan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oke sob, silahkan dicoba saja, semoga gigitan nyamuknya tdk berasa gatal lagi

      Hapus