Hal Yang Lebih Mematikan dari Obesitas


Rabu, 21 Januari 2015
Label:

[Sains Box] Banyak orang-orang yang memperhatikan dan khawatir dengan berat badan mereka, sehingga mencoba berbagai macam trik untuk diet. Mereka memang ingin terlihat lebih baik dan merasa jauh lebih baik. Namun, ada sebagian orang yang merasa badannya sudah kurus sehingga menghabiskan banyak waktu mereka hanya untuk duduk bersantai di sofa. Mereka pikir itu baik? Anda keliru. Jika Anda seorang yang berbadan kurus, lalu Anda mempunyai hobi bersantai di sofa, maka Anda tidak lebih baik dari orang-orang yang mengalami obesitas. Bahkan Anda jauh lebih berisiko terhadap kematian daripada mereka. Jangan sampai Anda melakukan kesalahan yang besar.

Menurut sebuah penelitian yang dipimpin oleh Profesor Ulf Ekelund dari Medical Research Council (MRC) Epidemiology Unit di University of Cambridge, menyatakan bahwa kurangnya olahraga dapat bertanggung jawab atas dua kali lebih banyak kematian akibat obesitas, dan 20 menit berjalan cepat setiap hari mungkin cukup untuk menurunkan risiko kematian dini tersebut.


Baca Juga:

Kurang olahraga dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan kanker, hal itu lebih dominan daripada masalah kesehatan lainnya. Kurang olahraga juga dapat menambah berat badan, namun penulis penelitian menemukan bahwa hubungan dengan kematian dini tidak berkaitan dengan indeks massa tubuh seseorang (BMI).

Penelitian Cambridge melibatkan lebih dari 334.161 pria dan wanita di seluruh Eropa. Para peneliti mencatat tinggi, berat, dan lingkar pinggang peserta. Aktivitas fisik selama studi 12 tahun itu sendiri dinilai. Hasilnya, selama studi, 21.438 peserta meninggal.

Jangan Lewatkan:

Penurunan terbesar dalam risiko kematian dini muncul antara kelompok tidak aktif dan cukup aktif cukup. Kegiatan pada pekerjaan, serta kegiatan rekreasi juga dinilai. Peserta, 22,7 persen pada kelompok yang tidak aktif, mereka yang memiliki pekerjaan menetap dan tidak ada partisipasi dalam kegiatan rekreasi. Penulis penelitian menunjukkan bahwa 20 menit jalan cepat setiap hari, atau latihan yang setara, akan memindahkan Anda dari kelompok yang tidak aktif ke dalam kelompok cukup aktif, sehingga dapat menurunkan risiko kematian dini sebesar 16 hingga 30 persen. Hal ini juga akan dapat membakar kalori antara 90 dan 110 kalori. Dampak terhadap kesehatan Anda lebih besar jika Anda memiliki berat badan normal, tetapi orang-orang dengan BMI yang lebih tinggi juga bisa bermanfaat.

Selain meningkatkan kesehatan fisik, olahraga dapat meningkatkan energi Anda, meningkatkan suasana hati Anda, dan membantu Anda tidur lebih baik.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar