Apakah Memori Otak Manusia Bisa Menjadi Penuh?


Selasa, 09 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Dengan semua informasi yang kita ambil dalam setiap hari apakah mungkin bisa menyebabkan otak kehabisan ruang untuk penyimpanan? Tampaknya tidak seperti itu, otak manusia justru mampu menyimpan sejumlah informasi tak terbatas termasuk diantaranya ingatan kita, keterampilan yang telah kita pelajari dan semua pengetahuan umum kita.

Menurut para ilmuwan, tidaklah mungkin bagi otak mencapai kapasitas maksimal karena terkadang otak akan mulai melupakan beberapa hal untuk mempelajari informasi yang baru.

Memang masuk akal, untuk dapat memberikan ruang kosong bagi informasi yang baru kita dapat, biasanya ada saja beberapa hal yang kita lupakan secara perlahan-lahan. Contohnya saja, dalam kasus menerima nomor PIN baru untuk kartu bank Anda, memori untuk mengingat nomor PIN lama perlahan-lahan akan hilang agar dapat mengingat nomor PIN yang baru.

Apakah Memori Otak Manusia Bisa Menjadi Penuh?

Baca Juga:

Terkadang juga, kenangan lama bisa menjadi gangguan seperti dalam kasus mencoba mengingat di mana Anda memarkir mobil Anda dan mencampurnya dengan memori saat melakukan parkir di hari sebelumnya. Namun, tidak semua orang dapat memiliki kemampuan untuk melupakan hal-hal lama demi menyimpan hal-hal baru.

Sindrom Hyperthymestic, kondisi yang memungkinkan seseorang untuk mengingat tentang segala sesuatu yang pernah terjadi pada mereka secara detail yang sempurna, tetapi banyak penderita ini cenderung mengalami kesulitan berkonsentrasi pada ingatan masa depan karena pikiran mereka masih tetap terpaut dalam kenangan masa lalu dan mereka tidak dapat melepaskannya begitu saja.

Di sisi lain, ada juga orang-orang yang hampir tidak bisa mengingat apa-apa dan bahkan memiliki masalah untuk mengingat semua hal yang terjadi pada mereka hanya beberapa menit sebelumnya.

Pada akhirnya, antara mengingat dan melupakan haruslah seimbang, agar dapat memungkinkan kita mengelola memori otak kita, serta menyimpan ingatan yang kita perlukan di kepala kita dan untuk terus membuat otak berfungsi secara efektif dalam kehidupan kita sehari-hari.

Jadi intinya, otak kita memang memiliki cara tersendiri untuk mengatur kapasitas memorinya agar tetap bisa menampung apapun informasi yang dibutuhkan oleh kita.


*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar