4 Cara Membantu Anda Menghindari 'Burnout'


Minggu, 29 Maret 2015
Label:

[Sains Box] Pernah mendengar kata 'burnout'? Burnout ini paling sering didefinisikan sebagai runtuhnya fisik atau mental yang disebabkan oleh stres. Sederhananya, jika Anda tidak beristirahat dengan baik tubuh Anda akhirnya akan memaksa Anda ke dalamnya, sehingga tubuh Anda akan lemas, lesu, dan tidak sedikit yang mengalami jatuh pingsan.

Bagi banyak orang, kelelahan berasal dari dorongan tubuh mereka yang terlalu bekerja keras. Hal ini sering dikaitkan dengan hidup dalam masyarakat di mana kita salah percaya bahwa untuk mencapai keberhasilan yang lebih kita perlukan adalah bekerja lebih keras.

Istirahat bukanlah sesuatu yang kita terbiasa kita lakukan. Bahkan, kita lebih cenderung mendengar ungkapan-ungkapan seperti "No pain no gain" dan "Tidur adalah untuk yang lemah" daripada kita mendengar kata motivasi tentang merawat diri kita sendiri.

4 Cara Membantu Anda Menghindari Burnout

Bahkan olahraga, yang seharusnya menjadi bentuk besar dari perawatan diri, lebih mengarahkan ke dalam bentuk-bentuk olahraga yang ekstrem, alasannya dengan begitu akan lebih mempercepat hasil yang didapat. Hal ini justru dapat menyebabkan kejenuhan selain dari kelelahan kita yang sudah merasa bekerja terlalu keras.

Baca Juga:

Kabar baiknya adalah bahwa burnout dapat dihindari. Mungkin dengan cara mengubah kebiasaan dan keyakinan lama, tetapi dengan menerapkan beberapa tips berikut ini Anda dapat dipastikan bisa melakukan apa saja dan terhindar dari kelelahan.

Apa sajakah itu?

1. Berolahraga secara teratur, tapi jangan memaksakan diri

Olahraga teratur telah dikaitkan dengan peningkatan secara keseluruhan mental dan fisik kesejahteraan kita. Studi menunjukkan bahwa olahraga membantu meningkatkan suasana hati kita, memberi kita lebih banyak energi dan membantu kita mengelola stres.

Namun, ada satu peringatan dalam berolahraga. Anda tidak dapat diperbolehkan memaksa tubuh Anda terlalu keras atau itu akan memiliki efek sebaliknya. Ini berarti pastikan Anda melakukannya secara bertahap mengintensifkan latihan Anda dan periode jadwal istirahat Anda secara baik.

2. Cukup tidur.

Menurut penelitian, sejumlah orang di dunia ini tidak mendapatkan cukup tidur. Bahkan, temuan terbaru menunjukkan bahwa sekitar 30% orang Amerika saja mengklaim mereka mendapatkan kurang dari enam jam tidur setiap malamnya. Lalu bagaimana dengan di negara kita? Pasti tidak jauh berbeda. Ini jauh lebih kecil dari yang direkomendasikan tujuh sampai delapan jam tidur orang dewasa butuhkan untuk berfungsi dengan baik.

Hal ini mempengaruhi kita secara fisik karena kita justru tertidur ketika kita tidak seharusnya tertidur, kadang-kadang dalam situasi yang berbahaya seperti mengemudi. Hal ini juga mempengaruhi kemampuan mental kita seperti memori dan konsentrasi.

Jika Anda mengalami kesulitan tidur, disarankan pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap harinya, menghindari terlalu banyak kafein dan menghindari makan banyak sebelum tidur.

3. Meditasi

Meditasi tidak dapat menggantikan tidur, tetapi dapat membantu Anda mengisi ulang baterai Anda sepanjang hari. Dengan bermeditasi selama beberapa menit memungkinkan tubuh Anda untuk rileks dan memasuki keadaan tenang.

Mirip dengan berolahraga, kegiatan ini memiliki segudang manfaat baik fisik dan mental yang dapat membantu lebih baik dalam mengelola energi kita, fokus pada tugas di tangan dan secara signifikan mengurangi stres.

4. Buatlah waktu beristirahat dalam bekerja.

Banyak orang bekerja hingga ke titik kelelahan. Sering kali tidak mampu menghindari hal ini sehingga akhirnya membuat keputusan untuk berhenti bekerja. Satu hal yang secara signifikan membantu untuk membuat pekerjaaan Anda tetap berjalan adalah dengan mengambil jeda untuk beristirahat meskipun hanya sebentar. Ini adalah cara yang terbaik agar Anda tidak mengalami titik kelelahan.

Memang, langkah pencegahan ini membutuhkan lebih banyak kemauan daripada apa pun dan mungkin lebih sulit untuk mencapainya. Anda dapat mengambil langkah lebih lanjut dengan mencari sendiri mitra akuntabilitas yang tugasnya akan memastikan Anda benar-benar berhenti bekerja.

Dengan memastikan kita merawat diri kita sendiri dalam kehidupan kita, kita dapat menghindari setiap hal yang berurusan dengan konsekuensi kelelahan. Walaupun mungkin membutuhkan cara dengan mengganti beberapa kebiasaan yang kita lakukan, namun itu menurut saya sepadan dengan usaha yang kita lakukan. Agar menghasilkan yang terbaik bagi diri kita.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. semoga aja ane kagak kena burnout, soalnya akhir akhir inia ane agak stres gan hahaha :D

    BalasHapus
  2. @Aidil Cakep: waduh, hati2 sob, apalagi kalo pas mengendarai kendaraan tuh, ektra hati2, mendingan sih istirahat yg cukup sob, jgn diporsir

    BalasHapus