Kayu Manis bisa melawan Diabetes dan Jantung


Jumat, 19 Desember 2014
Label:
Advertisement
[Sains Box] Siapa yang tidak tahu kayu manis? Kayu manis sudah terkenal oleh banyak orang dengan bau wanginya yang khas. Apalagi manfaatnya untuk kesehatan, kayu manis sudah seringkali digunakan oleh banyak orang dalam bidang kesehatan. Diantara sekian banyak khasiat kesehatan dari kayu manis, ternyata kayu manis juga ikut berperan dalam pencegahan dan pengobatan diabetes serta penyakit jantung. Benarkah itu?

Sebuah studi yang diterbitkan dalam Annals of Family Medicine menemukan bahwa sebanyak 120 mg kayu manis setiap hari (itu adalah dosis yang cukup rendah karena salah satu sendok teh sama dengan sekitar 2.600 mg kayu manis) bisa menghasilkan gula darah rendah, kolesterol, dan trigliserida. Hal ini juga meningkatkan tingkat "kolesterol baik".

Kayu Manis bisa melawan Diabetes dan Jantung

Selain itu, penelitian sebelumnya yang diterbitkan dalam jurnal Diabetes Care setuju dengan penyembuhan jantung dan anti-diabetes dapat dilakukan dengan cara konsumsi kayu manis secara teratur. Enam puluh orang dengan diabetes tipe 2 membutuhkan dosis antara satu sampai seperempat hingga setengah sendok teh kayu manis setiap harinya. Setelah empat puluh hari kadar gula darah mereka dinilai. Ternyata, mereka berhasil melakukan penurunan hingga 29% pada kadar gula darah dan sampai pengurangan 27% kolesterol LDL (sering disebut sebagai "kolesterol jahat"), serta sampai dengan tingkat 30 persen lebih rendah dari trigliserida (lemak darah, kadar tinggi yang terkait dengan penyakit jantung).

Para ilmuwan pun akhirnya menyimpulkan bahwa orang dengan diabetes, peningkatan kadar glukosa, trigliserida atau kolesterol " dapat mengambil manfaat dari inklusi rutin kayu manis dalam makanan sehari-hari mereka."

Kayu Manis bisa melawan Diabetes dan Jantung

Bagaimana manfaat dari penelitian tersebut?

Anda dapat taburi kayu manis pada minuman dingin favorit Anda seperti latte dan teh chai, memasukkannya ke dalam sup, semur, dan kari. Banyak hidangan utama Maroko yang juga turut menghidangkan kayu manis.

Kayu manis juga sangat baik ditaburkan di atas oatmeal, roti bakar, atau diatas sarapan sereal favorit Anda. Dan, tentu saja bisa juga untuk pelengkap pai labu, yang memang rasanya tidak akan lengkap tanpa jumlah yang besar dari rempah-rempah yang menyenangkan.

The Annals of Family Medicine menemukan manfaat bahkan dengan dosis kecil sementara studi Diabetes Care pada penderita diabetes menemukan manfaat pada dosis yang lebih tinggi yaitu satu hingga setengah sendok teh bubuk kayu manis setiap hari yang memberikan hasil sangat baik.

Saran saya, setidaknya silahkan Anda konsumsi satu sendok teh setiap hari untuk mendapatkan manfaat kayu manis bagi pencegahan dan pengobatan penyakit jantung serta gula darah yang Anda derita.




sign


Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

6 komentar:

  1. wow, hebat ya kayu manis.
    kayu manis itu rasanya manis ya mas?

    BalasHapus
  2. @Fitriyana: iya, manis kyk kamu... hihihi... :D

    BalasHapus
  3. Rempah-rempah dari Indonesia memang banyak. Baru tahu kalau kayu manis bisa untuk mencegah diabetes dan jantung.

    BalasHapus
  4. @Hely Ana: sip

    @Ardiyan Putra: sama2 sob

    @Murtopo: iya sob, saya jg baru tau

    BalasHapus