Jepang bangun tembok besar penghalau tsunami


Sabtu, 28 Maret 2015
Label:

[Sains Box] Sebuah struktur bangunan tembok yang besar dan tinggi empat lantai telah dirancang oleh Jepang untuk melindungi pantai terhadap tsunami.

Setelah melihat dari pengalaman bencana tsunami yang pernah menghancurkan dalam beberapa tahun terakhir ini, Jepang saat ini sudah siap untuk menjadi rumah bagi salah satu proyek pertahanan pasang surut paling ambisius di dunia yang pernah dilihat.

Dengan perkiraan biaya sebesar US$ 6,8 miliar, maka tembok besar itu akan membentang sepanjang 250 mil dari garis pantai negara itu, dengan ketinggian mencapai hingga 12,5 meter, setara dengan bangunan empat lantai.

Jepang bangun tembok besar penghalau tsunami

Beberapa orang telah menyebutnya sebagai "The Great Wall of Japan".

Meskipun memberikan perlindungan terhadap bencana di masa depan namun tidak semua orang terlalu tertarik pada ide ini. Beberapa berpendapat bahwa ukuran tipis proyek ini akan mewakili merusak pemandangan signifikan dan alangkah baiknya uang dihabiskan untuk mencari solusi yang lebih praktis untuk masalah ini.

Baca Juga:

"Yang paling aman adalah bagaimana agar orang-orang dapat hidup di tanah yang lebih tinggi dan juga rumah-rumah penduduk serta tempat kerja mereka berada di lokasi yang terpisah," kata Iguchi Tsuneaki, walikota sebuah kota yang rusak akibat tsunami yang lalu.

"Jika kita melakukan itu, kita tidak perlu memiliki 'Great Wall' lagi."

Jepang bangun tembok besar penghalau tsunami

Mengingat jumlah kerusakan yang disebabkan oleh tsunami 2011 yang lalu, khususnya yang ditopang oleh pabrik nuklir Fukushmia, dapat dimengerti bahwa pemerintah akan mencari solusi yang akan mengurangi potensi bencana di masa mendatang sebanyak mungkin.

Apapun yang dilakukan untuk keselamatan umat manusia, saya akan mendukungnya. Tapi memang lebih baik pembangunan tembok besar ini diperhitungkan kembali. Ingatlah, bahwa air itu memiliki kekuatan alam, yang mungkin tidak akan bisa kita perhitungkan secara pasti.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar