Disk Kaca '5-D' ini Dapat Menyimpan Terabyte Data


Jumat, 19 Februari 2016
Label:
Advertisement
[Sains Box] Para ilmuwan telah menciptakan jenis baru penyimpanan data yang dapat menyimpan informasi aman selama miliaran tahun. Menyimpan data untuk jangka waktu yang lama adalah bisnis yang rumit. Bahkan seperti bentuk penyimpanan data yang saat ini seperti DVD dan Blu-ray memiliki umur yang terbatas sekitar 200 tahun sebelum menjadi tidak terbaca dan beberapa format yang lebih tua seperti kaset dan disket sudah mulai rusak dan menghilang.

Saat ini, dalam upaya baru untuk mengatasi masalah ini para ilmuwan telah datang dengan jenis yang sama sekali baru dari sebuah media penyimpanan data, salah satu yang dapat menyimpan hingga terabyte data dan tetap aman tanpa batas.

Disk Kaca 5-D ini Dapat Menyimpan Terabyte Data
Gambar: Seorang peneliti di University of Southampton memegang sebuah disk kaca
berisi teks Alkitab King James.

Baca Juga:

Media ini dikembangkan di University of Southampton Optoelektronik Research Center, format baru bekerja dengan pengkodean informasi ke dalam disk kaca tipis menggunakan laser khusus.

Menurut para peneliti, kaca merupakan bahan yang tangguh dan stabil secara kimiawi sehingga informasi yang tersimpan di dalamnya akan dapat bertahan hingga 13,8 miliar tahun lamanya, lebih dari tiga kali usia Bumi sendiri.

"Kami telah menciptakan teknologi untuk melestarikan dokumen dan informasi serta menyimpannya dalam ruang angkasa untuk generasi mendatang," kata Profesor Peter Kazansky. "Teknologi ini dapat mengamankan bukti terakhir dari peradaban kita. Sehingga kita semua tidak akan dilupakan"

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar