Sebenarnya, Bumi Adalah Dua Planet yang Menyatu


Sabtu, 30 Januari 2016
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah menentukan bahwa bumi dan bulan terdiri dari bahan yang berasal dari dua dunia terpisah. Konon katanya, di suatu tempat sekitar 100 juta tahun setelah Bumi terbentuk terjadi tumbukan dengan planet lain yang dikenal sebagai Theia. Meskipun dalam studi sebelumnya telah dikemukakan bahwa dua dunia tersebut saling menggesek satu sama lain saja, sedangkan menurut penelitian terbaru mereka kemungkinan besar terlibat dalam suatu tabrakan yang keras.

Sebenarnya, Bumi Adalah Dua Planet yang Menyatu

Baca Juga:

Tumbukan yang begitu dahsyat telah menghancurkan Theia sehingga menjadi puing-puing yang secara bertahap bergabung bersama-sama dengan Bumi serta membentuk bulan, ukuran planet jauh lebih besar daripada bulan.

Penelitian ini didasarkan pada analisis baru sampel bebatuan yang diambil selama pendaratan Apollo di bulan yang menunjukkan rasio isotop oksigen identik dengan bahan yang dikumpulkan di Bumi, sesuatu yang seharusnya tidak mungkin jika Bumi dan Theia hanya bergesekan sisi satu sama lain.

"Theia itu campuran diantara kedua Bumi dan bulan, dan menghilang di antara mereka," kata ahli geokimia UCLA, Edward Young.

"Hal ini menjelaskan mengapa kita tidak melihat tanda-tanda yang berbeda dari Theia di antara bulan dan bumi."

Berikut ini video 3D pembentukan planet Bumi dan Bulan menurut penelitian terbaru ilmuwan.

VIDEO PEMBENTUKAN BULAN

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar