Garis-garis Tubuh Zebra Bukan untuk Kamuflase


Jumat, 29 Januari 2016
Label:

[Sains Box] Para ilmuwan telah merubah pendapat mereka tentang zebra yang bergantung pada garis-garis di tubuhnya untuk membantu bersembunyi dari para predator. Garis-garis hitam dan putih yang khas di tubuh zebra adalah salah satu ciri hewan yang paling dikenal di dunia, namun tujuan yang tepat dari mantel monokromatik ini masih tetap menjadi topik perdebatan selama bertahun-tahun.

Salah satu teori yang paling umum adalah garis-garis ini membantu hewan tersebut untuk tetap tersamarkan dari pandangan singa dan predator lainnya yang ada di sabana Afrika, akan tetapi saat ini para ilmuwan di Kanada telah menemukan bukti yang menunjukkan bahwa garis-garis yang dimiliki zebra itu tidak benar-benar membantu sama sekali hewan tersebut tetap tersembunyi.

Garis-garis Tubuh Zebra Bukan untuk Kamuflase

Baca Juga:

Kunci untuk penemuan mereka adalah realisasi bahwa garis-garis itu mungkin membuat zebra sulit terlihat oleh manusia di lingkungan tertentu, tapi tidak semua binatang melihat mereka dengan cara yang sama seperti yang kita lakukan.

Percobaan menggunakan satu set garis-garis palsu yang dirancang untuk mensimulasikan bagaimana predator dapat melihat mereka, sehingga dapat disimpulkan bahwa mereka tetap harus bersembunyi agar dapat menghindari predator, karena garis-garis tersebut tidak menolong mereka sama sekali. Predator masih dapat melihat mereka.

Sebaliknya, para peneliti kini berpendapat bahwa garis-garis zebra tersebut yang paling mungkin adalah berguna sebagai mekanisme pertahanan yang dirancang untuk mencegah beberapa jenis lalat kuda yang bisa saja menggigit dan mengisap darah mereka.

Tapi pendapat ini juga masih diragukan. Secara pastinya, para ilmuwan masih belum menemukan kegunaan garis-garis belang hitam putih bagi zebra tersebut.

VIDEO TENTANG ZEBRA

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

2 komentar:

  1. buat nyabrang jalan kali.
    *ups :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha... betul jg tuh, nyabrang jln naik kuda, kan asik... hehe :D

      Hapus