Unik, Astronom Menemukan Bintang Kembar Siam


Jumat, 23 Oktober 2015
Label: ,
Advertisement
[Sains Box] Unik, Astronom Menemukan Bintang Kembar Siam

Dua bintang besar terlihat saling menyatu mirip seperti bintang kembar siam. Namun pada dasarnya, dua bintang yang nampak berpelukan ini sebenarnya sedang dalam suatu proses penggabungan menjadi satu.

Bintang unik tersebut ditemukan pada jarak 160.000 tahun cahaya dari Bumi. Sistem bintang biner VFTS 352 adalah bintang yang luar biasa, yang berhasil ditangkap oleh Southern Observatory Eropa Very Large Telescope sewaktu sedang melakukan proses scan Tarantula Nebula. Bintang ini jauh lebih panas, lebih dekat dan lebih besar daripada sistem bintang biner yang telah diamati astronom sampai saat ini.

Baca Juga:

Unik, Astronom Menemukan Bintang Kembar Siam

Inti dari kedua bintang dipisahkan oleh jarak hanya satu juta mil dan masing-masing membutuhkan waktu kurang dari satu hari untuk menyelesaikan orbitnya.

Massa gabungan dari kedua bintang ini sama dengan sekitar 57 kali massa matahari kita dan bersama-sama mereka terbakar pada suhu lebih dari 40.000 derajat Celcius.

Menjadi ukuran yang sama, dua bintang diperkirakan berbagi hingga 30% dari material dan astronom percaya bahwa pusat-pusat mereka sedang dalam proses penggabungan bersama-sama.

Namun, pada akhirnya dua bintang tersebut cenderung bergabung menjadi sebuah bintang masif tunggal yang pada akhirnya juga akan runtuh dan meledak sebagai supernova raksasa, memuntahkan materi bintang ke alam semesta.

"Dalam kasus VFTS 352, kemungkinan akan mengakhiri hidup mereka dalam ledakan supernova, membentuk sistem bintang biner dekat lubang hitam," kata astrofisikawan Selma de Mink.

"Benda yang luar biasa tersebut akan menjadi sumber intens gelombang gravitasi."

Wow, luar biasa !

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

(upi)
Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar