Lubang-lubang Kecil Misterius di Permukaan Pluto


Rabu, 21 Oktober 2015
Label:

[Sains Box] Penemuan terbaru tentang pluto telah mengungkap bahwa planet kerdil ini memiliki permukaan bopeng dengan lubang-lubang bulat kecil. Seri terbaru dari foto-foto NASA yang dihasilkan oleh pesawat ruang angkasa New Horizons telah mengungkapkan bahwa bagian dari permukaan Pluto ditutupi dalam sejumlah besar lubang yang tidak memiliki penjelasan yang jelas.

Lubang-lubang yang hanya memiliki lebar beberapa meter dan hingga puluhan meter tersebut, mungkin disebabkan oleh sublimasi, yaitu proses yang melalui pergantian dari padat ke gas tanpa melalui tahapan cairan, namun distribusi lubang yang terus-menerus menjadikannya sangat misterius.

Lubang-lubang Kecil Misterius di Permukaan Pluto

Baca Juga:

Kurangnya kawah di Pluto dan fakta bahwa permukaannya sedang terus disegarkan oleh lapisan baru dari es membuat kehadiran lubang aneh ini menjadi lebih aneh.

"Pluto memang aneh, namun dalam cara yang baik," kata ilmuwan proyek New Horizons, Hal Weaver.

Lubang-lubang Kecil Misterius di Permukaan Pluto
Lubang-lubang misterius di Pluto

"Lubang-lubang itu, dan bentuknya yang selaras, memberikan petunjuk tentang adanya aliran es dan pertukaran volatil antara permukaan dan atmosfer. Hal ini membuat tim sains bekerja keras untuk memahami proses fisik apa yang berperan di sini."

Hmmm, lubang apakah itu? Apakah ada kehidupan di permukaan Pluto?

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar