Gigi Manusia Purba Ungkap Migrasi Awal Manusia


Jumat, 16 Oktober 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Antropolog telah menemukan 47 gigi manusia di sebuah gua di Cina Selatan yang berusia sekitar 80.000 tahun yang lalu. Penemuan luar biasa ini, menunjukkan adanya manusia awal yang melakukan migrasi dari Afrika sekitar 20.000 tahun yang lalu. Hal ini merupakan sebuah catatan sejarah baru, dimana homo sapiens tiba di Asia jauh lebih awal dari yang pernah diduga sebelumnya.

"Itu sangat jelas bagi kita bahwa gigi ini milik manusia modern," kata antropolog MarĂ­a Martinon-Torres dari University College London.

Gigi Manusia Purba Ungkap Migrasi Awal Manusia

Baca Juga:

"Kita harus berpikir ulang untuk merubah model sejarah kita. Mungkin ada lebih dari satu migrasi keluar Afrika saat itu."

Sementara beberapa manusia modern yang diperkirakan telah mencapai Mediterania Timur sekitar 12.000 tahun yang lalu itu umumnya percaya bahwa cabang ini dari spesies yang telah mati sejak lama.

Penemuan baru mungkin berarti bahwa mereka selamat atau bisa juga bahwa kelompok yang berbeda dari manusia bermigrasi pada waktu yang jauh lebih awal.

Gigi Manusia Purba Ungkap Migrasi Awal Manusia

Gigi Manusia Purba Ungkap Migrasi Awal Manusia
47 gigi manusia ditemukan di sebuah gua di Cina Selatan. 
Photo: S. Xing dan XJ. Wu/AFP/Getty Images

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

1 komentar:

  1. ternyata lewat gigi juga bisa menungkap umur suatu manusia ya kang, buktinya lewat gigi manusia purba bisa mengungkapkan awal migrasi manusia pada jaman dahulu...

    BalasHapus