Rusia Membuat Robot Kecoa Mata-Mata


Sabtu, 26 September 2015
Label: ,

[Sains Box] Teknologi robot tidak pernah berhenti membuat inovasi-inovasi yang baru. Dari mulai diciptakannya robot-robot berukuran besar hingga robot yang berukuran mini. Objek yang menjadi inspirasi paling banyak adalah meniru rupa hewan. Salah satunya adalah robot kecoa mata-mata yang dikembangkan oleh Rusia baru-baru ini. Robot mini yang terlihat seperti kecoa ini dapat digunakan untuk memata-matai kegiatan musuh dan sebagai pengintai tentunya.

Para peneliti sebelumnya memang telah banyak bereksperimen dengan ide mengendalikan serangga menggunakan elektroda yang ditanamkan ke otak mereka, tapi sekarang para ilmuwan di Rusia telah datang dengan pendekatan yang unik yang memungkinkan fungsi yang sama namun tidak melibatkan spesimen hidup.

Rusia Membuat Robot Kecoa Mata-mata
Photo credit: yahoo

Baca Juga:


Robot yang dikembangkan di Baltik federal Immanuel Kant University ini merupakan tampilan baru yang terlihat sangat mirip dengan kecoa. Desainnya sengaja dimaksudkan untuk membantu menyamarkan diri selama kegiatan survei sementara memungkinkan untuk mengumpulkan data intelijen sebanyak mungkin.

Prototipe saat ini berukuran panjang sekitar empat inci, dapat melakukan perjalanan dengan kecepatan dua belas inci per detik dan berlangsung sekitar dua puluh menit dengan memakai daya dari satu baterai. Tim yang membuatnya berharap, akan dapat meningkatkan umur operasionalnya selama beberapa bulan mendatang.

Dengan kapasitas membawa kamera kecil, robot kecoa ini juga memiliki kemampuan untuk menjelajahi ruangan yang kecil, hal ini diyakini bahwa militer Rusia sangat tertarik menggunakan robot untuk keperluan survei.

Menurut layanan pencarian dan penyelamatan, ada satu hal yang menarik dari robot-robot mini tersebut yang dapat digunakan untuk mendaki melalui puing-puing setelah terjadinya bencana, sehingga dapat membantu menentukan lokasi korban yang terperangkap.

Semoga saja, robot-robot kecil ini memang digunakan untuk membantu kegiatan manusia bukan untuk kegiatan yang tidak penting atau malah justru disalahgunakan merugikan orang lain (misalnya saja, mengintip orang mandi, waduh.. gawat itu.. ^_^ hehe... )

Yuk kita intip video aksi robot kecoa ini:

NGINTIP VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Poskan Komentar