Racun Penyebab Asma Pada Suplemen Anak


Jumat, 25 September 2015
Label:

[Sains Box] Asma adalah penyakit umum yang seringkali menjangkiti anak-anak balita. Jika Anda seringkali memberikan suplemen minyak hati ikan cod kepada anak Anda, berhati-hatilah, dalam sejumlah studi kasus telah menemukan bahwa memberikan suplemen minyak hati ikan cod dapat meningkatkan risiko asma di kemudian hari. Studi tersebut dengan menanyakan tentang perilaku masa lalu seseorang yang memiliki asma dengan membandingkan orang yang tidak punya asma.

Akan tetapi, studi ini masih belum bisa diandalkan, sebab telah mengesampingkan sesuatu yang disebut sebagai sebab-akibat yang terbalik. Mungkin saja minyak ikan cod tidak menyebabkan asma, namun sebaliknya asma yang menyebabkan penggunaan minyak ikan cod. Untuk itu kasus ini pun masih memerlukan penelitian lebih lanjut.

Racun Penyebab Asma Pada Suplemen Anak

Baca Juga:


Pada tahun 2013, akhirnya kita punya sebuah studi yang melibatkan 17.000 orang bebas asma dengan memantaunya selama lebih dari 11 tahun. Para peneliti tahu siapa yang menggunakan minyak ikan cod dan siapa yang tidak, lalu mereka memantaunya hingga 11 tahun lamanya. Para peneliti menemukan bahwa asupan minyak ikan cod memang signifikan terkait dengan perkembangan asma. Mereka pikir mungkin vitamin A yang berlebihan dalam minyak ikan cod yang menyebabkan masalah ini timbul, tetapi ada juga sejumlah zat dalam minyak ikan yang kemungkinan tidak diperbolehkan terkena pada anak-anak kita.

Para peneliti dari Philadelphia University baru-baru ini melihat pada suplemen makanan anak-anak yang mengandung minyak ikan terdapat adanya potensi paparan PCB, yaitu polutan industri beracun yang telah mengkontaminasi lautan kita. PCB tersebut terdeteksi pada semua produk.

Para peneliti mempublikasikan dalam sebuah jurnal Early Human Development, menemukan bahwa bayi yang diberikan susu formula yang diperkaya DHA, mungkin memiliki pertumbuhan yang lebih baik dari mata dan otak mereka dibandingkan dengan bayi yang mendapatkan susu formula non DHA. Lalu apa sih sumber DHA? Yang jelas bukan dari ikan, akan tetapi berasal dari ganggang. Kita bisa mendapatkan manfaat dari omega 3 tanpa risiko kontaminasi. Tapi tentu saja, ASI adalah standar emas, secara signifikan ASI memang lebih baik daripada salah satu dari susu formula bayi. Jadi sumber terbaik omega-3 adalah ibu.

Untuk itu, berhati-hati sajalah dengan suplemen anak pilihan Anda. Pilihlah yang terbaik untuk mereka. Salah satunya adalah ASI.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar