Transplantasi Kepala Pertama di Dunia Dilakukan 2017


Selasa, 15 September 2015
Label:

[Sains Box] Prosedur bedah kontroversial rencananya akan dicoba ke pasien manusia pada bulan Desember 2017 nanti. Sosok kunci di balik percobaan ini adalah ahli bedah saraf Dr Sergio Canavero dari Italia yang menyatakan bahwa kepala donor dengan kepala seorang pasien yang hidup secara teknis dapat ditukar tempat.

Penerima tubuh baru adalah Valery Spiridonov berusia 30 tahun yang menderita kondisi otot lemah secara genetik yang disebut dengan penyakit Werdnig-Hoffmann.

Transplantasi Kepala Pertama di Dunia Dilakukan 2017

Baca Juga:


"Ketika saya menyadari bahwa saya bisa berpartisipasi dalam sesuatu yang sangat besar dan penting, saya tidak ragu meninggalkan dalam pikiran saya dan mulai fokus untuk hal itu," katanya. "Satu-satunya hal yang saya rasakan adalah rasa ketidaksabaran yang menyenangkan, seperti saya telah mempersiapkan sesuatu yang penting sepanjang hidup saya."

Berencana untuk mencoba prosedur transplantasi kepala ini, telah banyak menerima kritikan keras dari komunitas medis yang memberikan kemungkinan sangat tinggi bahwa itu akan dapat membunuh Valery Spiridonov atau membuat dia benar-benar tidak bisa bergerak sama sekali.

Transplantasi Kepala Pertama di Dunia Dilakukan 2017
Valery Spiridonov

"Menurut perhitungan Dr Sergio Canavero, jika semuanya berjalan sesuai rencana, dua tahun adalah jangka waktu yang diperlukan untuk memverifikasi semua perhitungan ilmiah dan merencanakan rincian prosedur," kata dia. "Ini bukan perlombaan. Tidak diragukan lagi, operasi akan dilakukan setelah dokter dan ahli 99 persen yakin keberhasilannya."

Apakah operasi ini benar-benar akan berhasil? Apakah ini tidak melanggar hukum kemanusiaan? Silahkan Anda nilai sendiri.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

8 komentar:

  1. wah ini benar benar luar biasa kerennya mas, teknologi yg sangat mengerikan hehe.

    BalasHapus
  2. Apakah saraf badan yang baru akan cocok dan terjadi penolakan terhadap kepala yang baru ditranplantasi itu ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini jg salah satu pertanyaan yg diajukan oleh para medis saat ide ini pertama kali muncul sob..

      Hapus
  3. Balasan
    1. Penasaran tp ngerasa gimana gitu? kayaknya terlalu melangkah jauh manusia memutuskan melakukan hal ini

      Hapus
  4. apa tidak akan terjadi kontroversi ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Justru sejak pertama kali ide ini muncul udh langsung pro dan kontra mbak..

      Hapus