Fakta-Fakta Mengejutkan Tentang Bayam


Minggu, 26 Juli 2015
Label:

[Sains Box] Siapa yang tidak tahu bayam? Bayam mulai terkenal khasiatnya ketika ia mulai dikenalkan ke dunia melalui film animasi Popeye. Dalam cerita animasi tersebut menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi bayam akan membuat tubuh kita menjadi kuat. Benarkah hal itu?

Sepertinya, bayam memang merupakan salah satu jenis sayuran yang penuh dengan nutrisi dan juga tidak bisa dipungkiri bahwa rasanya memang lezat. Bayam adalah makanan super dingin. Tapi meskipun begitu, banyak sekali fakta tentang bayam yang mungkin saja tidak Anda ketahui.

Fakta-Fakta Mengejutkan Tentang Bayam

Baca Juga:

Nah, agar Anda merasa aman dalam mengkonsumsi bayam, tidak ada salahnya Anda mengetahui beberapa fakta berikut ini:

1. Memasak bayam sebenarnya meningkatkan manfaat kesehatan! Hanya setengah cangkir bayam masak akan memberikan tiga kali gizi lebih banyak daripada satu cangkir bayam mentah. Itu karena tubuh tidak dapat sepenuhnya memecah nutrisi dalam bayam mentah.

2. Disarankan agar Anda memilih daun bayam yang lembut. Semakin besar daun, semakin dewasa mereka dan lebih cenderung menjadi sulit atau terdapat benang serat. Daun bayam yang ditempatkan di bawah cahaya langsung di toko-toko telah ditemukan mengandung lebih banyak nutrisi daripada yang disimpan dalam kegelapan.

3. Sebagai pengecualian untuk saran di atas, studi penelitian menunjukkan bahwa mengambil bayam dalam bentuk jus sebenarnya adalah cara sehat untuk mengkonsumsinya. Blender bayam dengan sayuran atau buah-buahan lainnya untuk membuat segelas jus lezat.

4. Perlu dicatat, apakah tempat belanja bayam Anda merupakan tempat 'belanja organik'? Sebab, daun bayam cenderung disemprot berat dengan pestisida yang tidak langsung hilang hanya dengan mencuci secara normal.

5. Ada senyawa dalam bayam yang disebut asam oksalat, yang menghambat penyerapan kalsium dan zat besi. Cara mudah untuk mengatasi masalah ini adalah dengan memasangkan bayam dengan makanan tinggi vitamin C. Jeruk mandarin dan melon mungkin cocok untuk hal ini. Cara lain untuk mengurangi kekuatan asam oksalat adalah dengan merebus daun bayam setidaknya selama dua menit.

6. Pembekuan bayam mengurangi manfaat kesehatan. Cara untuk mendapatkan yang terbaik dari daun bayam adalah membelinya dalam kondisi segar dan memakannya di hari yang sama.

7. Manfaat lain yang kurang dikenal dari bayam adalah perannya dalam perawatan kulit. Karunia vitamin dan mineral dalam bayam dapat memberi bantuan bagi kulit yang kering, gatal dan membuat kulit Anda lebih bercahaya. Konsumsi secara teratur bayam segar, jus bayam organik, telah terbukti meningkatkan kesehatan kulit secara dramatis.

8. Semua orang berbicara tentang manfaat bayam yang mengandung gizi bagi mata dan membangun tulang. Apa yang sedikit diketahui adalah bahwa bayam juga sangat baik untuk pencernaan. Bayam memudahkan sembelit dan melindungi lapisan lendir lambung, sehingga Anda tetap bebas dari bisul. Serta memudahkan pengeluaran racun dari usus besar.

-------
Itulah beberapa fakta penting tentang bayam yang jarang diketahui oleh sebagian orang. Ternyata, bayam memang merupakan sayuran hijau penuh nutrisi dan menyehatkan.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar