Robot kecil bisa angkat 100 kali beratnya sendiri


Selasa, 28 April 2015
Label: ,

[Sains Box] Insinyur di Stanford University telah berhasil kembangkan sebuah robot kecil dengan beberapa daya tarik yang mengesankan. Ibarat dalam dunia hewan, robot ini mirip dengan semut kerajaan yang terkenal karena kemampuan mereka untuk membawa benda-benda melebihi beberapa kali berat badan mereka sendiri, tetapi sekarang sekelompok insinyur mekanik dari California telah berhasil menciptakan robot kecil yang memiliki kekuatan luar biasa.

Robot super-kuat ini sebenarnya terinspirasi oleh tokek dan menggunakan paku karet kecil yang membantunya untuk berpegang pada permukaan. Untuk mengaktifkan gerakan robot, ia akan bergerak seperti cacing dengan satu pad tetap di tempat sementara yang lainnya bergerak maju, begitu seterusnya.

Robot kecil bisa angkat 100 kali beratnya sendiri

Baca Juga:

Jika produk ini sudah tampil sempurna, otomatis akan sangat mengesankan. Robot ini memiliki berat hanya 9 gram namun mampu mengangkut objek seberat 1 kg dengan bergerak naik ke atas permukaan vertikal. Sebuah model yang lebih kecil kedua memiliki berat 20 miligram mampu membawa lebih dari 500 miligram melalui dinding.

Para insinyur bahkan mampu membangun sebuah robot versi 12 gram dengan berdasarkan prinsip yang sama yang mampu mengangkut obyek lebih dari 2.000 kali beratnya sendiri sepanjang permukaan horisontal.

Ini merupakan sebuah prestasi luar biasa dalam teknologi robot, jika hal ini terus ditingkatkan, maka kekuatan robot ini akan setara dengan manusia menarik ikan paus biru di tanah. Wow!

Penasaran ingin lihat aksi robot kecil ini? Yuk kita intip videonya di bawah ini.

NGINTIP VIDEO

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. Keren banget nih robot, bisa angkat beben yang sangat berat.

    BalasHapus