Daspletosaurus, Sang Dinosaurus Kanibal


Sabtu, 11 April 2015
Label:

[Sains Box] Kerangka fosil tengkorak dari Daspletosaurus menunjukkan bukti bahwa sebagian telah dimakan oleh anggota spesies sendiri. Dinosaurus karnivora seperti Tyrannosaurus rex adalah salah satu di antara beberapa pemakan daging yang paling menakutkan yang pernah berjalan di muka bumi ini, ia ibarat mesin pembunuh raksasa dengan selera yang akan menempati posisi tertinggi dari sebagian besar predator darat saat ini.

Baca Juga:


Sebuah penelitian baru telah mengungkapkan bahwa Daspletosaurus merupakan salah satu dari makhluk-makhluk yang ganas ini, ia termasuk kerabat Tyrannosaurus. Dari namanya yang berarti "kadal yang menakutkan", menjadikannya pemangsa yang suka berpesta tidak hanya memakan daging dinosaurus lain, tetapi juga anggota spesiesnya sendiri.

Daspletosaurus, Sang Dinosaurus Kanibal

Penemuan ini dibuat saat tengkorak fosil dari Daspletosaurus remaja digali di Kanada terdapat luka gigitan konsisten yang menandakan adanya serangan dari kerabatnya.

"Hewan ini jelas memiliki kehidupan yang sulit, menderita banyak luka di kepala termasuk beberapa yang pasti berasal dari spesies yang cukup jahat," Kata Dr David Hone dari Queen Mary University of London.

Daspletosaurus, Sang Dinosaurus Kanibal
Kerangka Daspletosaurus di Field Museum, Chicago

"Kandidat yang paling mungkin dapat melakukan hal ini adalah anggota lain dari spesies yang sama, yang seringkali melakukan beberapa perkelahian serius antara hewan-hewan ini selama masa hidup mereka."

Daspletosaurus hidup antara 75 juta tahun yang lalu dan mereka akan selalu menjadi pemburu dan yang diburu untuk makanan. Sebab kanibalisme diperkirakan ada dalam kehidupan mereka.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

0 komentar:

Posting Komentar