Io, Merupakan 'Bulan Neraka' Dengan Lautan Magma


Rabu, 16 September 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Io, Merupakan 'Bulan Neraka' Dengan Lautan Magma

Salah satu bulan milik Jupiter yang bernama Io, adalah bulan vulkanik yang aktif, namun disamping itu, ada kemungkinan juga bulan ini memiliki laut bawah tanah yang tersembunyi terdiri dari batuan cair. Dengan adanya tingkat vulkanisme yang lebih aktif daripada bulan lainnya di tata surya, Io merupakan 'bulan neraka' dengan pemandangan kaya gunung berapi yang mampu memuntahkan lava cair panas 250 mil ke langit.

Panas yang luar biasa dihasilkan oleh gravitasi tarik-menarik antara Jupiter dan bulan-bulan lainnya yang mendistorsi Io ke bentuk oval, menghasilkan sejumlah besar gesekan.

Baca Juga:

Io, Merupakan Bulan Neraka Dengan Lautan Magma

Seperti bulan tetangga lainnya yaitu Europa, bulan Io mungkin juga menjadi rumah bagi laut bawah tanah, bukan dari air, tetapi dari batuan cair, reservoir bawah tanah yang luas dari magma yang mendidih di bawah permukaannya.

Para ilmuwan sekarang percaya bahwa arus pasang surut laut luas yang dipanaskan dapat menjelaskan distribusi yang tidak biasa hingga terjadinya gunung berapi, sesuatu yang telah lama terbukti sulit untuk dijelaskan.

"Ini adalah pertama kalinya jumlah dan distribusi panas yang dihasilkan oleh pasang surut cairan dalam magma laut bawah tanah di Io telah dipelajari secara detail," kata Robert Tyler dari University of Maryland.

Io, Merupakan Bulan Neraka Dengan Lautan Magma
Gambar Io dari pesawat ruang angkasa New Horizons
yang memperlihatkan 'jambul' raksasa vulkanik gunung berapi Tvashtar

"Kami menemukan bahwa pola pemanasan pasang surut yang diprediksi oleh fluid-tide model milik kami ternyata mampu menghasilkan pola panas di permukaan Io."

Temuan ini menunjukkan bahwa lautan bawah permukaan pada bulan Io yang mengalami pasang surut menekankan kemungkinan jauh lebih umum dan dapat bertahan lebih lama dari yang diperkirakan sebelumnya, sebuah fakta yang juga bisa menerjemahkan untuk kesempatan peningkatan dalam menemukan tanda-tanda kehidupan di bulan es seperti Europa dan Enceladus.

Adapun untuk Io, dianggap sebagai salah satu dunia tempat terakhir dalam mencari kehidupan asing, dan kemungkinan tidak akan pernah menemukan kehidupan apa pun disana, sebab Io merupakan dunia yang penuh dengan lautan 'neraka' yang terdiri dari batuan cair.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar