'Lipan Neraka' Berasal dari Gua Terdalam di Dunia


Kamis, 02 Juli 2015
Label:

[Sains Box] Sebuah spesies baru dari sejenis lipan atau kelabang telah ditemukan di dalam sistem gua dengan kedalaman 4.700 kaki di bawah permukaan bumi. Kelabang spesies baru yang mendapat julukan 'kelabang dari neraka' ini diberi nama 'Hades' mengacu pada dewa Yunani dari dunia bawah tanah, arthropoda predator baru ini ditemukan dalam sistem gua Lukina jama-Trojama di Kroasia yang saat ini menduduki peringkat ke-15 dalam daftar gua terdalam di dunia.

Kelabang ini tampaknya telah beradaptasi dengan sempurna dengan lingkungannya yang berada jauh di kedalaman planet Bumi ini, di mana ia juga sanggup melumpuhkan serangga dengan gigitan yang mematikan.

Lipan Neraka Berasal dari Gua Terdalam di Dunia

Baca Juga:

"Ketika saya pertama kali melihat binatang itu dengan penampilan mencoloknya, saya segera menyadari bahwa binatang itu adalah spesies baru, spesies yang hingga saat ini belum memiliki nama," kata pemimpin penulis Pavel Stoev dari Museum Nasional Sejarah Alam.

Sangat sedikit yang benar-benar diketahui tentang makhluk yang mengintai di beberapa tempat terdalam di dunia ini, dengan sistem gua seperti yang ada di Kroasia, menawarkan ekosistem yang belum ditemukan secara penuh, maka banyak spesies aneh dan tidak biasa akan dapat dijumpai.

Sementara itu, Gua terdalam yang pernah ditemukan di Bumi adalah gua Krubera di Georgia, gua ini memiliki kedalaman hingga 5.610 kaki. Semakin dalam kita sanggup menelusuri gua-gua sejenis ini, maka kemungkinan besar semakin banyak spesies-spesies baru yang tidak ada di permukaan dapat kita jumpai. Seperti salah satunya lipan Hades ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

loading...

FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

1 komentar:

  1. wah hewan ini bahaya juga yah..mematikan serangga.kalo sama manusia bahaya ga?

    BalasHapus