8 Gejala Sepele Diabetes Yang Sering Terabaikan


Rabu, 12 Agustus 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Gejala Diabetes Tipe 2 biasanya muncul dengan cara yang halus. Bahkan, untuk orang-orang di tahap awal penyakit tidak akan menyadari ada sesuatu yang salah selama sekitar 5 tahun sebelum mereka akhirnya didiagnosis. Karena diabetes dapat mendatangkan malapetaka pada kesehatan Anda, terutama jika ia terdiagnosis terlalu lama, maka penting untuk mengetahui tanda-tanda dan gejala sebelum terlalu jauh.

Banyak dari kita yang sudah tahu gejala paling umum penyakit ini yaitu sering buang air kecil, rasa haus meningkat dan penurunan berat badan yang tidak biasa. Akan tetapi, masih ada banyak gejala lainnya, yang mungkin tanda-tanda ini jarang diketahui oleh banyak orang, padahal gejala tersebut bisa jadi gejala dini dari munculnya diabetes. Apa sajakah itu?

8 Gejala Sepele Diabetes Yang Sering Terabaikan
Photo Credit: claycountyhospital.org

1. Tangan dan kaki terasa dingin

Orang dengan diabetes sering merasakan dingin yang luar biasa, terutama di tangan dan kaki mereka. Hal ini disebabkan neuropati diabetik, kerusakan ginjal yang merupakan hasil dari diabetes, yang menyebabkan sirkulasi buruk, dan dengan demikian membuat sulit untuk tangan dan kaki agar tetap selalu dalam kondisi hangat.

Baca Juga:


2. Mendengkur

Apakah suka mendengkur saat tidur di malam hari? Ternyata, mendungkur yang berlebihan hingga mengakibatkan kebisingan adalah salah satu gejala diabetes, dan hal ini telah benar-benar terbukti menjadi faktor risiko untuk mengembangkan penyakit ini. Salah satu gangguan tidur utama yang terkait dengan mendengkur, dan umumnya sering terjadi pada penderita diabetes. Maka jika Anda salah satu dari orang-orang yang suka mendengkur keras di malam hari, berhati-hatilah. Itu tanda awal dari diabetes.

3. Mengompol

Sebagian besar dari kita tentu pernah mengalami masa-masa mengompol sejak usia balita, namun perlu dicatat juga bahwa orang-orang dengan diabetes tipe 1 dan tipe 2 juga lebih rentan terhadap 'kebocoran malam' yang memalukan ini. Seringnya buang air kecil adalah gejala umum dari diabetes namun seringnya mengompol juga perlu menjadi perhatian.

4. Gangguan emosi

Diabetes tidak hanya penyakit tubuh, akan tetapi juga penyakit pikiran. Kadar glukosa yang rendah merupakan ciri khas dari diabetes yang dapat menyebabkan berbagai macam masalah, termasuk kecemasan, apatis, kemurungan, gangguan emosi yang menyebabkan lekas marah. Jika Anda merasa kondisi Anda seperti itu, maka waspadalah.

6. Infeksi saluran kemih

Meskipun umumnya banyak wanita yang terkena diabetes ataupun tidak, mengembangkan infeksi saluran kemih di beberapa titik dalam hidup mereka, namun perlu dicatat wanita dengan diabetes sangat rentan terhadap infeksi yang menyakitkan ini.

5. Peningkatan pandangan mata

Pada umumnya, pandangan yang berkurang serta kebutaan sering dikaitkan dengan diabetes, tetapi hal yang sebaliknya juga perlu diperhatikan. Beberapa orang dengan diabetes justru merasakan pandangan mata mereka jauh lebih tajam, meskipun hanya untuk sementara saja. Nah, untuk itu jika Anda yang sebelumnya sudah lama memakai kaca mata, lalu mendadak saja pandangan mata Anda justru membaik dan tajam, segeralah konsultasi dengan dokter. Ini bisa menjadi gejala Anda terkena diabetes.

7. Masalah kulit

Penderita diabetes sangatlah rentan terhadap kerusakan kulit. Dimulai dari bisul hingga jerawat, infeksi pada kuku, dan tanda-tanda lainnya, seperti infeksi bakteri, infeksi jamur, kandida, merupakan tanda awal yang umum di derita oleh penderita diabetes.

8. Kaki tampak aneh

Apakah kaki Anda berubah bentuk? Sehingga nampak tidak seperti biasanya, jika iya itu salah satu gejala klasik diabetes. Kerusakan saraf yang disebabkan oleh diabetes dapat mengubah bentuk otot dan tulang di kaki Anda. Jari-jari kaki Anda jadi terlihat meringkuk, melengkung, serta kulit pada kaki Anda akan terasa lebih keras dari sebelumnya. Waspada jika Anda mengalami hal ini.

---------
Nah, itulah beberapa gejala yang bisa saja menjadi awal pemberitahuan oleh tubuh kita bahwa ada yang tidak beres dalam tubuh kita yang lebih mengarahkan kepada diabetes. Memperhatikan pola makan dan menjaga kesehatan diri adalah salah satu cara yang bisa kita terapkan dalam menghindari penyakit mematikan yang satu ini. Setidaknya dengan mengetahui 8 Gejala Sepele Diabetes Yang Sering Terabaikan diatas, dapat menambah pengetahuan kita terhadap penyakit diabetes ini.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

7 komentar:

  1. mesti bener-bener mengetahui gejala diabetes nih biar bisa segera melakukan pencegahan

    BalasHapus
    Balasan
    1. benar mbak Ratna, penting itu, jd kita tahu lbh awal dan tdk terlambat

      Hapus
  2. anak-anak juga perlu diperhatikan pola makannya,ternyata diabetes itu tidak pandang usia
    perlu diperhatikan jajanan yang sering ia beli.
    semoga saja dengan mengetahui gejala-gejalanya kita bisa lebih bisa menjaga kesehatan kita.

    BalasHapus
    Balasan
    1. amiin, dengan mengetahui gejala tersebut semoga bisa membuat kita sadar untuk menghindari makanan pemicu diabetes..

      Hapus
    2. Setuju dgn mas Awan dan mas Hendri diabetes memang tdk pandang usia, penyakit ini memang faktor dominannya adalah dari makanan. Jd sebisa mungkin memiliki pola makan dan gaya hidup yg sehat agar terhindar dr penyakit ini, amin.

      Hapus
  3. yang diabetes jadi bisul-bisul ya mas, kok bisa kekulit ya diabetes ini.hmmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yup, itu ada di poin 7 mas, memang sih kemungkinan besarnya adalah karena daya tahan tubuh yg berkurang, sehingga mudah terinfeksi. Dan parahnya lg produksi darah yg membantu utk pembekuan luka itu berkurang sehingga kalo org terkena diabetes terluka, lukanya akan lama sembuhnya atau justru bertambah parah menjadi borok, ngeri pokoknya mas..

      Hapus