Fenomena Hujan Belut Lamprey Terjadi di Alaska


Jumat, 12 Juni 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Akhir-akhir ini, seringkali terjadi fenomena hujan aneh di berbagai belahan dunia, mulai dari hujan laba-laba di Australia, hujan katak di China, dan yang terbaru adalah hujan belut lamprey di Alaska.

Belut lamprey Arktik yang berukuran panjang beberapa kaki ini telah diamati jatuh dari langit di Alaska. Fenomena hujan aneh yang menjatuhkan berbagai jenis hewan-hewan kecil, mulai dari katak, serangga, ataupun ikan kecil ini memang telah terjadi selama berabad-abad. Namun, penyebab pastinya hingga kini belum diketahui secara jelas mengapa hewan-hewan tersebut bisa jatuh dari langit dan terbawa jauh dari habitatnya.

Fenomena Hujan Belut Lamprey Terjadi di Alaska

Baca Juga:

Seperti yang baru ini terjadi di Alaska, warga Fairbanks menemukan diri mereka dibombardir oleh sesuatu yang tampak seperti belut lamprey berukuran lebih besar, spesies yang jarang sekali terlihat di wilayah tersebut. Dan ini juga merupakan hal yang tidak biasa untuk kemunculan lamprey arktik.

Belut-belut itu banyak ditemukan di taman, jalan-jalan dan bahkan di rumput rumah-rumah masyarakat.

Fenomena Hujan Belut Lamprey Terjadi di Alaska
Belut Lamprey Arktik, Sungai Yukon dekat Eagle. Photo by Parker Bradley

Satu penjelasan yang mungkin adalah bahwa belut tersebut mungkin sengaja atau tidak sengaja dijatuhkan oleh burung-burung camar, perilaku yang konsisten dengan kecenderungan mereka yang terkadang membawa makanan mereka pergi sebelum menetap untuk memakannya, apalagi jika melihat lubang-lubang yang ada pada tubuh belut seperti bekas tusukan. Namun entah karena alasan apa, makanan mereka terjatuh di tengah-tengah kota.

Belut Lamprey Arktik umumnya berkisar dari Selatan hingga tengah Alaska ke Kutub Utara. Mereka tidak ditemukan di Alaska Tenggara.

Namun, semua penjelasan mengenai mengapa hal ini semakin sering terjadi akhir-akhir ini tetap masih menjadi misteri.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar