Mengapa Harus Melepas Sepatu dalam Rumah?


Selasa, 03 Februari 2015
Label:
Advertisement
[Sains Box] Sepatu sudah dikenal orang selama 40.000 tahun lamanya. Awalnya sepatu diciptakan untuk melindungi dan menjaga kaki. Namun, seiring dengan kemajuan jaman, bentuk sepatu mulai berubah-ubah sehingga fungsi sepatu bukan hanya untuk melindungi kaki saja, melainkan sudah menjadi bagian dari fashion.

Kita tidak hidup di planet yang memiliki permukaan bersih, halus, dengan dilapisi rumput yang halus pula, sehingga sepatu yang menjadi alas kaki kita itu selalu bersentuhan dengan berbagai macam hal, mulai dari tempat yang bersih hingga ke dalam lumpur yang kotor sekalipun.

Baca Juga:

Namun, saya heran, ketika melihat seseorang dengan seenaknya memakai sepatu mereka saat masuk ke dalam rumah. Apa mereka tidak berpikir jika sepatu itu kotor dan penuh kuman-kuman pembawa penyakit? Jika Anda termasuk ke dalam orang-orang yang tidak melepas alas kaki dalam rumah, maka informasi berikut ini harus Anda baca.

Mengapa Harus Melepas Sepatu dalam Rumah?

Berikut alasan sepatu harus dilepas ketika berada dalam rumah:

1. Bakteri

Anda tidak pernah tahu, sepatu Anda membawa ribuan bakteri licik yang kemudian menyebar dalam rumah Anda ketika Anda memakainya di dalam. Sebuah studi dari University of Arizona berhasil mengumpulkan kuman dan mikroba yang ada pada alas kaki. Para peneliti menemukan 421.000 unit bakteri berada di luar sepatu, termasuk E. coli, meningitis dan penyakit diare; Klebsiella pneumonia, sumber umum untuk luka dan infeksi aliran darah serta pneumonia; dan Serratia ficaria, penyebab yang jarang dari infeksi di saluran pernapasan dan luka. Jadi jangan pernah berpikir jika sepatu yang Anda pakai itu terlihat bersih.

2. Racun

Sebuah studi EPA, dilaporkan dalam Environmental Science & Technology memberikan bukti pertama bahwa herbisida yang tidak sehat dapat dilacak bertempat tinggal di sepatu. Para peneliti menemukan bahwa herbisida 2,4-D dapat dengan mudah terbawa melalui sepatu dan mengendap hingga seminggu. Tidak hanya itu, eksposur bahan kimia ini juga dapat melebihi residu pada buah-buahan segar non-organik dan sayuran. Studi ini tidak menjelaskan seberapa ancaman kesehatan herbisida tertentu, namun penulis utama studi tersebut, Dr Robert G. Lewis, mengatakan bahwa potensi tersebut tetap ada. Paparan 2,4-D dapat menyebabkan masalah langsung dan relatif kecil seperti ruam kulit dan gangguan pencernaan; efek kesehatan jangka panjang dari herbisida ini tidak diketahui, kata EPA.

Studi lain menunjukkan bahwa 98 persen dari debu timbal yang ditemukan di rumah dilacak berasal dari luar rumah. Otomatis, terbawa juga oleh alas kaki.

3. Kotoran

Disamping bakteri dan racun, sepatu juga membawa banyak kotoran. Ini berarti membutuhkan pembersihan yang ekstra maksimal. Baik terhadap sepatu, maupun terhadap lantai rumah Anda. Mengapa Anda harus menghabiskan lebih banyak waktu untuk selalu membersihkan dan menggunakan produk pembersih ketika ada cara mudah untuk mengatasinya, yaitu dengan melepaskan sepatu diluar rumah. Bukankah itu jauh lebih mudah?

4. Kenyamanan dan Kesehatan

Kecuali Anda memiliki masalah kesehatan di mana dukungan sepatu meredakan rasa sakit, tidak peduli seberapa nyaman sepatu Anda, kaki Anda cenderung lebih sehat tanpa harus ada dalam sepatu. Membebaskan kaki Anda dari sepatu yang mengikat memungkinkan Anda untuk dapat menggoyangkan jari-jari kaki Anda dan mendapatkan beberapa kehidupan kembali ke kaki Anda. Dari sisi emosional, jika Anda melepas sepatu Anda maka dapat menciptakan surga yang sehat dalam rumah Anda. Yang membuat Anda santai tidak disibukkan dengan membersihkan segala macam perabotan rumah Anda yang kotor karena sepatu.

Perlu diketahui juga, dengan bertelanjang kaki itu sangat baik untuk kaki Anda. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang biasa pergi tanpa sepatu memiliki lebih sedikit kasus kaki datar, serta memiliki kaki yang lebih kuat dengan fleksibilitas yang lebih baik dan mencegah kelainan bentuk Podiatric. Dengan membiarkan otot kaki Anda untuk melakukan hal-hal yang membantu mereka tetap kuat dan fleksibel.

Jadi, pikirkan baik-baik sebelum Anda memutuskan untuk selalu memakai sepatu di dalam rumah.

*******
Thanks
Sains Box
Sains Box

Mobile Version

Artikel Menarik Lainnya:



FOLLOW and JOIN to Get Update!

Advertisement

loading...

0 komentar:

Posting Komentar